Anies Baswedan Kenang Pernah Jadi Moderator Debat Capres, Kini Peserta

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

Karawang – Capres nomer urut satu, Anies Baswedan menceritakan bahwa dirinya pernah menjadi moderator pada saat debat pemilihan presiden atau pilpres. Tetapi, kini justru dia malah menjadi peserta debat tersebut.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Diketahui, KPU sebentar lagi akan menggelar debat cappres-cawapres para paslon. Ada tiga paslon yang kini sudah resmi maju di Pilpres 2024 nanti.

"Nanti kita dengar dari, biasanya timnya ketemu dengan KPU, dengan calon moderator, kemudian mereka membahas garis besar temanya, biasanya ya," ujar Anies bercerita di Karawang, Senin 4 Desember 2023.

Reaksi Jokowi soal Fotonya Dicopot dari Sejumlah Kantor PDIP

Anies menjelaskan bahwa tak menyangka bahwa kini dirinya justru menjadi salah satu peserta dalam sebuah debat. Hal itu , kata Anies, sepertinya hasil dari perjuangannya selama menjadi moderator.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Photo :
  • Instagram @aniesbaswedan
Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin

"Saya pernah beberapa kali, 1 pernah jadi moderator, 2 pernah mempersiapkan calon utk debat, dan ke-3 sekarang saya ikut debat jadi tuhan takdirkan dapat pengalaman cukup lengkaplah untuk saat ini," kata Anies.

Anies pun menuturkan kalau dirinya tak mempersiapkan apa pun selain membaca, menjaga kesehatan dan olahraga. Hal itu dilakukan demi menjaga stamina jelang debat capres-cawapres.

"Ya tentu harus baca baca, semuanya harus ada persiapan, harus ada istirahat cukup, olahraga yang baik, cukup istirahat supaya bisa mikir," ucapnya.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Photo :
  • istimewa

Dia juga menekankan tak ada hal yang digali jelang debat tersebut. Pasalnya, ini bukanlah ajang cerdas cermat yang harus diapalkan setiap jawabannya saat debat.

"Karena biasanya refresh aja, refresh data, refresh informasi, kan ini bukan cerdas cermat yang harus diapalkan, enggak bisa diapalin, ini tuh sama seperti konferensi pers, kita datang ngobrol begini enggak tahu akan ditanyakan apa, pertanyaannya apa. Jadi tabungannya harus tindakan lama tapi harus refresh-lah data data," tukasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya