Kurang Satu Jam Terjadi Delapan Kali Gempa Susulan

Gempa Lebak Terasa Sampai Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR yang terjadi di Lebak Banten telah dimutakhirkan jadi 6,1 SR dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa dirasakan masyarakat di Jakarta, Tangerang dan Depok. Banyak pekerja yang berada di gedung tinggi berhamburan keluar.

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Banten

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr Daryono, gempa tektonik ini terjadi pada pukul 13.34.53 WIB, tepatnya di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi dengan koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 km arah barat daya Kota Bojonghaur, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 61 km.

Terjadi 70 Kali Gempa Susulan di Banten

Gempa bumi selatan Jawa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia di Selatan Banten.

Hingga pukul 14.06 WIB, hasil monitoring BMKG telah menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak 8 kejadian. Paling tinggi dengan kekuatan 4,0 SR, dan terus menurun kekuatannya.

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Banten

"Masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Sukabumi diimbau agar tetap tenang karena tidak berpotensi tsunami," katanya.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Jawa Tengah Juga Diguncang Gempa, Terbaru di Cilacap, Salatiga dan Grobogan

Gempa terjadi beruntun selama dua hari ini di Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Yang terbaru, gempa mengguncang Cilacap pada hari Senin pagi

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024