Jawa Tengah Juga Diguncang Gempa, Terbaru di Cilacap, Salatiga dan Grobogan

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

Banjarnegara – Gempa terjadi beruntun selama dua hari ini di Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Yang terbaru, gempa mengguncang Cilacap pada hari Senin 26 Februari 2024 pukul 08.39.30 WIB.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara mencatat, kekuatan gempa yaitu Magnitudo 3.4 dengan pusat gempa berada di 65 kilometer sebelah tenggara Cilacap atau di Samudera Hindia.

"Sejauh ini belum ada laporan masyarakat kerusakan atau dirasakan gempa di wilayah tersebut," jelas petugas BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Senin, 26 Februari 2024

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Sebelumnya pada hari Minggu 25 Februari 2024 kemarin, BMKG juga mencatat getaran gempa di wilayah Salatiga dan Grobogan dengan kekuatan masing-masing di magnitudo 2.3 dan 2.4.

Gempa bumi di Salatiga, Jawa Tengah

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno
Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Gempa di kedua titik tersebut hanya berselisih sekitar satu jam. Yaitu di Salatiga pada pukul 19.16 WIB, dan di Grobogan pada pukul 20.20 WIB. Gempa di Salatiga dan Grobogan juga hampir bersamaan dengan gempa 5.7 di Lebak Banten.

Pusat gempa di Salatiga ada di 10 kilometer sebelah tenggara Salatiga dengam kedalaman 17 km. Sedangkan di Grobogan pusat gempa di 21 kilometer barat daya Grobogan dengan kedalaman 60 km.

Belum ada laporan dirasakan atau kerusakan akibat gempa tersebut.

Sebelumnya diberitakan, gempa dirasakan di sejumlah daerah di Pulau Jawa pada hari Minggu 25 Februari 2024. Yang cukup terasa ada di Bayah Provinsi Banten pada mengguncang Minggu malam, 25 Februari 2024 pukul 20.07 WIB dengan kekuatan magnitudo 5.7.

Rentetan gempa bahkan terjadi hingga 21 kali gempa susulan dalam kurun waktu enam jam yang juga dirasakan di Jakarta.

Kekuatan gempa susulan bervariasi, dari magnitudo 2,3 hingga 5,1SR yang dirasakan di Serang, Tangerang, Lebak, dan daerah lain di Banten.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya