Di Sidang Kabinet, Jokowi Minta Menterinya Pastikan Ketersediaan Pangan di Ramadhan dan Idul Fitri

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Presiden Joko Widodo menggelar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin, 26 Februari 2024. Salah satu yang disoroti masalah ketersediaan pangan memasuki Ramadhan dan Idul Fitri bulan depan.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Dalam Sidang Kabinet Paripurna tersebut, Presiden Jokowi menekankan bahwa dalam waktu dekat akan memasuki bulan Ramadhan 1445 Hijriyah pada Maret 2024. Kemudian, kata dia, bulan April 2024 akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

“Saya minta seluruh kementerian/ lembaga yang terkait agar waspada dan memastikan masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusyuk,” ujarnya.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Oleh sebab itu, Kepala Negara meminta utamanya menjaga persediaan pangan dan menjaga stabilitas harga pangan terutama bahan pokok. 

“Dan juga percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jaminan sosial,” katanya.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Selanjutnya, Jokowi juga meminta jajaran Menteri Kabinet untuk mengecek betul persiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan masyarakat mudik Lebaran.

“Saya kira ini setiap tahun kita selalu persiapkan karena ini adalah event tahunan,” pungkasnya.

Moment Menarik di Sidang Kabinet Jokowi

KSP Moeldoko bersalaman dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Aada beberapa momen menarik sebelum Sidang Kabinet Paripurna digelar. Seperti biasa, para menteri dan pimpinan lembaga akan berbincang-bincang sembari menunggu Presiden dan Wakil Presiden datang. Nah, saat itu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, bersalaman dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Seperti diketahui, Moeldoko dan AHY sebelumnya berseteru hebat. Eks Panglima TNI itu dinilai ingin merebut Partai Demokrat yang diketaui oleh AHY, dengan menggelar munas luar biasa. Proses hukum sempat ditempuh dan dimenangkan kubu Ketua Umum AHY.

Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, juga sempat menghampiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang merupakan calon Presiden atau pada Pilpres 2024. 

Awalnya, Sri Mulyani sedang berbincang dengan Airlangga dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Kemudian, Prabowo terlihat lagi berbincang dengan Luhut Binsar Pandjaitan di tengah-tengah lokasi sidang kabinet paripurna.

Tak lama Presiden Jokowi mau hadir, Prabowo langsung duduk ke kursi yang telah disediakan protokoler Sekretariat Presiden. Kemudian, Luhut menyalami Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Selanjutnya, Sri Mulyani menghampiri Luhut dan menuju ke kursi Prabowo. Di situ, Sri Mulyani langsung menyalami Prabowo yang sementara unggul berdasarkan quick count atau hitung cepat di Pilpres 2024 bersama calon Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya