Gempa Lebak Banten Rusak 490 Rumah Warga

Gempa Lebak, Banten
Sumber :
  • VIVA/ Yandi Deslamata/ Serang

VIVA – Gempa berkekuatan 6,1 SR yang  berpusat di Lebak-Banten, merusak sebagian besar rumah warga. Dari data yang terhimpun diketahui, sebanyak 42 unit rumah di Kecamatan Cilograng dan 23 unit rumah di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten mengalami rusak berat.

Jawa Tengah Juga Diguncang Gempa, Terbaru di Cilacap, Salatiga dan Grobogan

Sedangkan total sementara rumah rusak hingga sore tadi, baru terdata mencapai 490 unit rumah. Rumah warga kebanyakan mengalami kerusakan pecah kaca, atap dan tembok ambruk.

"Kerusakan rumah, belum termasuk sekolah. Pertama kita selamatkan jiwanya dulu, sekarang kita berikan bantuan logistik," kata Iti Octavia Jayabaya, Bupati Lebak, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Selasa, 23 Januari 2018.

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Banten

Dapur umum pun telah didirikan oleh Pemkab Lebak, untuk menyediakan kebutuhan makanan dan minuman bagi korban gempa bumi berkekuatan 6,1 SR.

"Dapur umum di tiap titik sulit, kita sebar, karena di setiap desa dan kecamatan, kita juga punya relawan Lebak tangguh. Pengungsi belum ada. Dapur umum di Bayah, Cilograng," jelasnya.

Terjadi 70 Kali Gempa Susulan di Banten

Meski begitu, pemerintah belum mendirikan tenda pengungsian lantaran warga terdampak gempa, telah mengungsi ke rumah saudara maupun tetangga nya yang tidak mengalami kerusakan.

"Alhamdulillah rumah masih bisa ditempati. Kalau rusak berat, mereka mengungsi di rumah saudara dan tetangganya," terangnya.

Gempa Banten

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya