Atasi Persoalan di Asmat, Pemerintah Buat Perkampungan Sehat

Konpres Bupati Asmat, Gub Papua, KSP, Menkes, Mensos di Istana Bogor
Sumber :
  • VIVA/ Agus Rahmat

VIVA –  Pemerintah memutuskan untuk membuat perkampungan sehat guna mengatasi persoalan gizi buruk, kelaparan, hingga wabah campak yang melanda Kabupaten Asmat serta sejumlah wilayah lainnya di Papua. Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Djuwita Moeloek, menyampaikan bahwa solusi jangka panjang ini dinilai tepat mengingat kecenderungan sejumlah suku di Papua yang tinggal nomaden sehingga tidak selalu berada di lingkungan yang sehat.

Ini Wilayah di Ibukota dengan Angka Gizi Buruk Tertinggi

"Akan dibuat perkampungan yang bagus, yang baik, mendekati ke perkampungan yang sedang didiami (suku nomaden) sekarang," ujar Nila di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 23 Januari 2018.

Nila menyampaikan, pemerintah juga akan mencari cara supaya perkampungan itu dialiri aliran air bersih mengingat sejumlah sumber air di sana payau. Selain itu, pemerintah juga akan memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sana untuk digunakan pada sarana transportasi yang akan mengantarkan para anggota suku ke distrik terdekat begitu ada masalah kesehatan di perkampungan itu.

Viral, Aksi Prajurit TNI Tolong Nyawa Bocah Miskin Kurus Kering

"Kita juga akan bekerjasama dengan Kementan untuk membudayakan konsumsi sagu sebagai makanan lokal di sana, juga menganjurkan konsumsi ikan," ujar Nila.

Menurut Nila, tim terpadu lintas instansi yang dibentuk pemerintah juga telah bertindak cepat sejak krisis kemanusiaan di sana dimulai guna menuntaskan masalah. Pembangunan perkampungan sehat akan segera dimulai begitu krisis dinilai telah berakhir.

Catat, 5 Langkah Jitu Cegah Stunting & Gizi Buruk Sejak Dini

"Kita memikirkan bagaimana rehabilitasinya, juga solusi jangka panjangnya," ujar Nila.

Pesona Karya Seni Suku Asmat

Zodiak yang Berpeluang Kaya Tahun Ini, 5 Suku Terkuat di Indonesia

Berikut rangkuman 5 deretan artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up edisi Rabu 23 Maret 2022.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2022