Demokrat: SBY dan Ibas Memang Enggak Terlibat E-KTP

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA – Elite Demokrat mendukung pernyataan Muhammad Nazaruddin soal Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono dan Eddie Baskoro Yudhoyono alias Ibas yang tak terlibat kasus korupsi e-KTP.

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

Wakil Ketua Umum DPP Demokrat, Syarief Hasan menegaskan, pihak yang menuding harus bertanggungjawab. "Memang enggak terlibat. Jadi orang yang mengatakan terlibat harus mempertanggungjawabkan statementnya," kata Syarief saat dihubungi, Selasa 20 Februari 2018.

Syarief menambahkan, SBY sudah melaporkan persoalan ini secara hukum. Menurutnya, hal ini harus dibuktikan dalam pengadilan. "Iya (menguatkan SBY dan Ibas tak terlibat kasus), iya orang pelaku utamanya ngomong gitu kok. Kan sudah ditindaklanjuti sama Pak SBY. Lihat di pengadilan saja," ujar Syarief.

Diperiksa Kasus E-KTP, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bantah Kenal Tanos

Sebelumnya, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, membela Susilo Bambang Yudhoyono dan  Ibas, ketika dikait-kaitkan dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

"Masalah Pak SBY, itu soal e-KTP Pak SBY tidak pernah terlibat. Terus untuk proyek e-KTP, Ibas tidak terlibat sama sekali," kata Nazaruddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin, 19 Februari 2018.

AHY: Rakyat Mana yang Ingin Pemilu 2024 Ditunda?

Pembelaan Nazaruddin terhadap dua bekas koleganya di partai itu didasari kesaksian mantan pimpinan Badan Anggaran DPR Mirwan Amir yang menyebut SBY merestui proyek senilai Rp5,9 triliun tersebut walaupun bermasalah. (mus)
    

Menkumham Yasonna Laoly saat konferensi AALCO di Nusa Dua, Bali

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan, Indonesia punya pengalaman pengembalian aset hasil pidana korupsi dari luar negeri.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023