Kriteria Cawapres Jokowi Versi Jusuf Kalla

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla punya kriteria khusus seperti apa sosok yang tepat untuk mendampingi Joko Widodo pada periode berikutnya.

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

Dia berharap sosok yang akan menjadi calon wakil presiden bagi Joko Widodo di pemilihan presiden 2019 memiliki kemampuan juga untuk menjadi presiden. Kemampuan itu dinilai penting supaya pemerintahan berjalan dengan baik.

Baca juga:

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

Sohibul: Kurang Logis Jika PKS Ikut Barisan Dukung Jokowi

Jokowi Dinilai Bisa Ketar-ketir Bila Ada Tiga Capres

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

"(Kriterianya) harus bisa jadi presiden," ujar JK, usai membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Institut Lembang 9 (IL9) di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin, 26 Februari 2018.

JK mencontohkan BJ Habibie yang langsung menjadi Presiden begitu Presiden ke-2 Soeharto mundur pada 1998. Begitu pula Megawati Soekarnoputri yang menggantikan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid pada 2001. 

Menurut JK, kesiapan mereka berdua menjadi presiden membuat pemerintahan tetap berjalan baik pada waktunya mereka harus menggantikan presiden yang berpasangan dengannya.

"Artinya, tokoh itu harus matang. Karena kalau tidak bagaimana? Pengalaman Pak Habibie dan Bu Mega (yang harus menggantikan presidennya)," ujar JK.

JK melanjutkan, cawapres juga harus bisa menambah elektabilitas Jokowi. Jadi tidak semata-mata bergantung kepada elektabilitas Jokowi yang memang sudah tinggi. JK juga tidak mempermasalahkan jika cawapres itu nantinya berasal dari kalangan birokrat atau politikus.

"Tapi, sebisa mungkin harus bisa mempunyai pengalaman pemerintahan. Kalau tidak memiliki pengalaman pemerintahan, sulit nanti mengatur pemerintah," ujar JK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya