Novanto: JK Masih Bagus Jadi Cawapres

Terdakwa kasus korupsi pengadaan KTP elektronik, Setya Novanto (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA - Terdakwa korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto, menyebut Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah kader Partai Golkar yang masih bagus untuk kembali mendampingi Presiden Joko Widodo maju di pilpres 2019. Meski begitu, Novanto menyerahkan lagi kepada Jokowi untuk menentukan.

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

"Tergantung presiden kalau soal itu (cawapres). Presiden kan sudah tahu mana yang tepat, kalau di Partai Golkar ya Pak Jusuf Kalla masih bagus," kata Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 5 Maret 2018.

Menurut Novanto, bukan masalah adanya regulasi yang menyebut JK sudah dua periode menjabat sebagai wapres. Kata Novanto, bukan soal regulasinya, tapi lebih dari itu, yakni kinerja. Kinerja JK selama ini dinilai bagus.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

Jokowi-JK Pakai Baju Adat

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

"Yang jelas kan (Jusuf Kalla) masih bagus (jadi cawapres Jokowi)," kata Novanto.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mencalonkan kembali Presiden Joko Widodo pada pemilihan presiden 2019. Maka menggelinding pula wacana memasangkan kembali Jokowi dengan Jusuf Kalla.

Namun, kemungkinan JK menjadi cawapres lagi terhalang undang-undang. Merujuk pada Pasal 169 huruf n UU 7 Tahun 2017 yang menetapkan: "Persyaratan menjadi calon Presiden dan calon Wakil Presiden adalah: belum pernah menjabat sebagai presiden atau wakil presiden, selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama". (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya