DPR Sebut KPK Biasa Gaya 'Tukang Bubur', Jangan Jadi Pemanah

Anggota DPR dari PDIP, Arteria Dahlan (kiri).
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVA – Politikus PDI-Perjuangan Arteria Dahlan menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti main panah dalam menetapkan calon kepala daerah yang sedang mengikuti proses Pilkada Serentak 2018. Padahal gaya tersebut akan menimbulkan kegaduhan dalam demokrasi.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

"Penyidikan KPK kali ini jangan melulu kaya main panah, biasanya kan KPK ini tukang bubur, main dari pinggiran. Terus kok kali ini ngotot kaya main panah begini," kata Arteria dalam acara Indonesia Lawyers Club yang ditayangkan tvOne, Selasa malam 20 Maret 2018.

Arteria mempertanyakan, apa urgensinya bila KPK menjerat tersangka calon kepala daerah sebelum pilkada. Sebab, dia menilai hal itu justru lebih banyak mudaratnya baik mengenai hukum, maupun sektor politik.

"Jadi jangan ajarin kebodohan. Dipanggil KPK itu wah-wah sudah pasti (dicap) koruptor, sudah pasti (disangka akan) ditahan, sebentar lagi masuk penjara. Ini bicara citra Pak, orang kampanye itu jualannya citra. Jangan sampai KPK dibilang biang kekalahan," kata Arteria.

Belum Ada Pengalihan Arus Buntut Demo Mahasiswa- Pelajar di DPR, Polisi sebut Situasional

Menurut anggota DPR dari Fraksi PDIP itu, seharusnya kalau memang KPK temukan bukti untuk menjerat seseorang, seharusnya tidak dijerat saat orang tersebut sudah ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah di Pilkada 2018. 

"Atau ditunda sampai proses pilkada selesai," kata Arteria. (ren)
 

Mahasiswa hingga Pelajar Demo Dukung Hak Angket, Hindari Kawasan DPR
Aksi Demo Apdesi Tutup Tol Senayan Depan DPR

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

Unjuk rasa beberapa elemen masyarakat bakal kembali digelar di depan Gedung DPR/MPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis, 7 Maret 2024. Untuk itu, Polri menerjunkan

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024