PDIP Prihatin Ujaran Kebencian Marak Jelang Pemilu

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, prihatin ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah bangsa selalu marak menjelang pemilihan umum, seperti pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden.

Gelar Rakornas, PDIP Mulai Panaskan Mesin Partai untuk Pilkada Serentak 2024

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menyampaikan, hal itu sama sekali tidak sesuai dengan budaya ketimuran yang dianut Indonesia.

"Dalam seluruh tradisi kebudayaan di seluruh pelosok nusantara, semua penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan, kerukunan, welas asih, dan sopan santun, serta moral dan etika, termasuk kedisiplinan dalam berbicara," ujar Hasto melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA,  Sabtu 14 April 2018.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Menurut Hasto, pemilihan umum sejatinya hanya mekanisme supaya masyarakat memiliki pemimpin sesuai asas demokrasi. Pemilu diharapkan tidak dipandang sebagai cara untuk memiliki kekuasaan yang selanjutnya membuat sebagian kalangan gelap mata. Kemudian, menghalalkan segala cara untuk memenangkannya.

"Pemilu adalah peristiwa politik biasa dalam tatanan negara demokratis. Jangan sampai, Pemilu menghadirkan gagasan yang memecah-belah bangsa," ujar Hasto.

Hasto Usul Kasus Connie Bakrie Disetop, Minta Aparat Fokus Usut Korupsi Tambang

Hasto meminta, kalangan-kalangan yang menjadi peserta Pemilu untuk senantiasa mengingat indahnya bangsa dan negara Indonesia yang bersatu, meski majemuk. Hal itu diharapkan, meredam niat-niat buruk sejumlah kalangan di dunia politik, untuk melancarkan ujaran kebencian dan hal negatif lain sekadar untuk memiliki kekuasaan.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto saat ditemui di Taman Budaya, Yogyakarta.

5 Pernyataan Sikap PDIP Usai MK Tolak Gugatan Ganjar-Mahfud

Hasto mengucapkan terima kasih kepada para hakim MK yang berani menyampaikan kebenaran dalam putusan PHPU untuk Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024