Fadli Zon Yakin, PAN Akan Gabung dengan Gerindra dan PKS

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

VIVA – Usai ditemui Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, di DPR, Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon meyakini PAN akan bergabung dengan Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Pilpres 2019.

LSI Denny JA: Pengguna FB Mayoritas Pilih KIB Ketimbang Koalisi Lain

"Tentu membahas perkembangan, situasi, isu, ekonomi, sosial, politik, termasuk rupiah yang semakin melemah dan semakin mantap 2019 harus ganti presiden. Itu intinya. Ya, Insya Allah (PAN berkoalisi dengan Gerindra dan PKS)," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Kamis 26 April 2018.

Meski begitu, ia menyadari jajaran pengurus PAN memiliki mekanisme internal yang harus dihargai. Hanya saja, memang ketika saat bersama Amien, ia semakin mantap 2019 harus ganti presiden.

Utak Atik Poros 2024: Baru PDIP dan KIB yang Punya Tiket Capres

"Saya tidak mau menyatakan atas nama orang lain. Yang jelas Pak Amien menyatakan beliau semakin mantap untuk ganti presiden di 2019," kata Fadli.

Sebelumnya, Amien Rais saat mendatangi Wakil Ketua Umum PAN, Taufik Kurniawan dan Fadli Zon, membicarakan pilpres dan meyakini 2019 ganti presiden tak bisa dibendung lagi.

Umbar Setia Tak Akan Tinggalkan KIB, PPP: Kami Garansi

"Saya jelas ke sini memang keperluan politik. Saya bertemu Pak Fadli Zon. Di ruangnya Taufik Kurniawan, saya ketemu Fadli Zon," kata Amien di gedung DPR, Jakarta, Kamis 26 April 2018.

Ia mengatakan, pertemuan tersebut membicarakan soal gambaran pilpres 2019. Khususnya soal siapa yang akan menjadi penantang paling kuat.

Penghitungan surat suara Pilpres 2019 (Foto ilustrasi).

Peta Koalisi 2024 Dinamis, Poltracking: Negosiasi 'Kue' Politik Tak Kunjung Matang

Peta koalisi Pilpres 2024 dinilai masih dinamis selama belum masuk pendaftaran capres dan cawapres pada Oktober 2023. Sebelum pendaftaran, semua masih 'wait and see'.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023