PDIP Klaim Kadernya Paling Banyak Unggul di Pilkada 2018

Ilustrasi-Pelaksaan Pilkada Serentak di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengklaim kader internalnya justru banyak memenangi Pilkada serentak 2018. Menurut politisi sekaligus Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan Pusat (Badiklatpus) PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari, hal itu menunjukkan bahwa partainya komitmen terhadap sistem kaderisasi.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

"Walau di bawah target, PDIP menjadi partai paling banyak berhasil menempatkan para kadernya di posisi gubernur sebanyak 4 orang dan wakil gubernur sebanyak 3 orang. Ini capaian tertinggi di antara partai-partai lainnya," kata Eva dalam pesan singkatnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat 29 Juni 2018. 

Eva menambahkan, hasil pilkada provinsi juga beriringan dengan kemenangan pemilihan di tingkat kabupaten dan kota. Sekitar 60 persen di tingkat tersebut, partai berlambang banteng moncong putih ini meraih kemenangan. 

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Dengan menempatkan kader-kadernya sebagai 33 kepala daerah dan 38 wakil kepala daerah baru. Inipun merupakan capain yang cukup membanggakan," kata dia. 

Menurut Eva, faktor utama meningkatnya para kader internal banyak memenangi Pilkada daerah karena adanya sekolah partai yang rutin dilaksanakan. 

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

Lembaganya Badiklatpus telah diberikan wewenang untuk memberikan materi bagi calon kepala daerah yang bertarung. Tujuan itu setidaknya terbukti, dengan kemenangan Pilkada Serentak tahun ini banyak diisi oleh internal partai.

"PDI Perjuangan sadar bahwa tugas utama partai adalah mentransformasi masyarakat sesuai ideologi negara," kata dia. (ren)

Politikus PDIP Albertus Sumbogo

Datangi DPP PDIP, Pentolan Barisan Celeng Siap Jelaskan Dukung Ganjar

Albertus Sumbogo penuhi panggilan DPP PDIP ke Jakarta terkait manuvernya mendukung Ganjar sebagai capres.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2021