Ridwan Kamil Akui Tak Ada Kemenangan Sebelum 9 Juli

Calon Gubernur Provinsi Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil (tengah) memberikan keterangan kepada awak media
Calon Gubernur Provinsi Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil (tengah) memberikan keterangan kepada awak media
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, kemenangan dalam pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 belum sepenuhnya didapatkan. Hasil sementara yang muncul dalam hitungan cepat, belum sepenuhnya menjadi alasan euforia Pilgub Jabar.

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, kegembiraan pada Rabu 27 Juni 2018 di Hotel Papandayan Kota Bandung, hanya sebagai respon kabar gembira hasil hitungan cepat.

"Acara di Papandayan itu bukan perayaan kemenangan, (hanya) mensyukuri berita baik. Karena kami paham, sebelum KPU memutuskan resmi, tidak ada istilah kemenangan," ujar Emil di Bandung Jawa Barat, Minggu 1 Juli 2018.

Menurut Emil, menjelang hitungan manual KPU Jawa Barat, relawan beserta kader partai tetap mengawal distribusi suara di masing-masing daerah. Seperti diketahui, KPU Jawa Barat saat ini tidak menampilkan persentase hitungan cepat raihan empat pasangan calon.

"Kita terus mengawal di lapangan, relawan-relawan saya tugaskan jangan sekalipun terlewat penghitungan di Kecamatan sampai Kabupaten Kota karena penghitungan KPU ini versi digitalnya," terangnya.

Sembari menunggu penetapan hasil suara secara resmi oleh KPU, Emil tetap mengedepankan kondusifitas. Bahkan, pihaknya tidak akan mempermasalahkan dinamika yang meuncul menjelang penetapan pada 9 Juli 2018.

"Kita dari awal bukan tipe macam-macam, kampanye santun, kreatif tidak ada kecurangan sebagainya. Mudah-mudahan minggu depan ditetapkan," katanya.