Teka-teki Cawapres Jokowi Inisial M, Mencuat ke Mahfud MD

Mantan Ketua MK Mahfud MD
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Figur calon wakil presiden pendamping Joko Widodo masih teka-teki dan belum diumumkan. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Rommy melempar ciri-ciri calon pendamping Jokowi. Ciri pertama figur tersebut berinisial M.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Rommy menyebut ciri-ciri cawapres Jokowi akan melengkapi pola nasionalis-religius.

"Siapa cawapresnya? Yang jelas dia melengkapi pelangi NKRI, di mana presiden dan wapres selalu mengikuti pola nasionalis-religius. Desember 2017 lalu secara konsisten saya sampaikan," kata Rommy dikutip dari akun twitternya @M.Romahurmuziy, Rabu, 8 Agustus 2018.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Dia juga menambahkan, cawapres Jokowi punya pengalaman di pemerintahan. Lalu, sosok tersebut juga direpresentasikan mewakili ormas Islam. Bocoran versi Rommy bahwa figur tersebut tak keluar dari 10 nama yang pernah diungkapnya.

"Serta sudah malang melintang dalam aneka jabatan publik sejak reformasi, dan yang pasti seperti sudah saya tegaskan tidak akan keluar dari 10 nama yang saya pernah sampaikan Juli lalu. Siapa hayo? Selamat menebak," tambah Rommy.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Baca: Rommy Ungkap 10 Nama Bakal Cawapres Jokowi, TGB 'Hilang'

Merujuk dari bocoran tersebut, memunculkan figur Mahfud MD. Sepak terjang Mahfud MD dalam pemerintahan cukup mentereng. Pria kelahiran Sampang, Madura, 61 tahun itu pernah menjadi menteri Hukum dan Perundang-undangan, dan menteri Pertahanan.

Mahfud juga pernah menjabat ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Kemudian, meski tak aktif dalam pengurus, Mahfud MD dicap sebagai representasi Nahdlatul Ulama (NU), ormas terbesar di Indonesia.

"Logis, kalau dari bocorannya. Ini realistis dan rasional pilih Mahfud MD," kata pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Rabu, 8 Agustus 2018.

Jokowi dan Mahfud MDFoto: Jokowi dan Mahfud MD

Baca: Bocoran Cawapres Jokowi Berinisial M, Siapa Dia

Mencuatnya nama Mahfud MD direspons Ketua DPP PDIP bidang politik dan keamanan non aktif Puan Maharani. Bagi putri Megawati Soekarnoputri itu, Mahfud dinilai sebagai figur senior yang punya pemikiran dan paham dengan masalah Islam

"Pak Mahfud senior, punya pemikiran yang sangat dalam, apalagi terkait dengan masalah Islam. Jadi oke juga," kata Puan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Agustus 2018.

Namun, Puan enggan memastikan kebenaran Mahfud MD sebagai cawapres Jokowi. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada eks gubernur DKI itu untuk memilih pendampingnya.

Isu Mahfud MD jadi cawapres pun ramai di media sosial. Banyak netizen yang terkejut dan menyampaikan 'selamat' meki Jokowi belum mengumumkan secara resmi.

Baca: Siapa Cawapres Jokowi Inisial M, Ini Tambahan Ciri-cirinya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya