Menteri-menteri Ikut Dampingi Jokowi ke KPU, Istana Menjawab

Jokowi-Ma'ruf Amin daftarkan diri ke KPU.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Sejumlah menteri Kabinet Kerja diketahui ikut mengiringi pendaftaran capres dan cawapres, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin ke KPU, Jumat pagi 10 Agustus 2018. Beberapa menteri seperti Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Desa Eko Putro.

Survei SMRC: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun Jadi 68,5 Persen

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, yang juga ikut mendampingi, menyampaikan, kehadiran sejumlah menteri ini adalah dalam kapasitas sebagai individu-individu.

"Kapasitas sebagai individu. Ini aku enggak pakai pin (pejabat negara)," kata Pratikno, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 10 Agustus 2018.

Buka Bersama, Sekjen Parpol Pendukung Jokowi-Maruf Harap Makin Solid

Dia mengatakan, tidak ada instruksi atau permintaan dari Presiden Jokowi, terhadap kehadiran sejumlah menteri tersebut. Pratikno memastikan, sejumlah menteri yang hadir hanya ingin berpartisipasi.

"Ada beberapa menteri benar. Ini kan individu yang ingin berpartisipasi," kata Pratikno.

Prabowo Unggul Lagi Jadi Menteri Terbaik Versi Lembaga Survei

Sebelumnya, sejumlah menteri kabinet kerja mendampingi pendaftaran Jokowi dan KH Ma'ruf Amin ke kantor KPU. Mereka yang sudah hadir adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri ATR/ BPN Sofyan Djalil, Mendes Eko Putro Sandjojo dan Mendikbud Muhadjir Effendy.

Tampak juga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan menteri-menteri asal partai politik seperti Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Romahurmuzy, Ketum PSI Grace Natalie, Ketum Partai Hanura Osman Sapta Odang. Tak hanya ketum parpol, para petinggi parpol seperti sekjen juga terlihat.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin di Hari Santri Nasional 2021

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Menurut survei PWS Juni 2022 tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Maruf menurun pada Juni 2022 menjadi 62,8%. 

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2022