Jokowi dan Ma’ruf Amin Lebih Dahulu Diperiksa Kesehatannya di RSPAD

Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan) berdiri di atas podium usai pendaftaran di Kantor KPU, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden pertama yang lebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari tahapan Pemilu Presiden tahun 2019.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh atau general check up di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat Gatot Subroto di Jakarta pada Minggu pagi, 12 Agustus 2018.

Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara pemilu yang mengatur pemeriksaan kesehatan itu, namun para dokter Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ditunjuk secara teknis untuk memeriksa para calon. KPU dan para dokter telah siap pada pukul enam pagi dan jadwal pemeriksaan dimulai pada pukul delapan pagi.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Pemeriksaan kesehatan itu adalah syarat bagi para calon yang diatur dalam Undang-Undang untuk memastikan calon presiden dan calon wakil presiden sehat jasmani dan rohani. Kesehatan menjadi jaminan para calon kelak dapat menjalankan tugas-tugas kepresidenan.

KPU tak mengetahui pasti jumlah dokter yang ditugaskan untuk membantu memeriksa kesehatan para calon. Sebab itu adalah kewenangan IDI.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

"Itu yang menentukan adalah Ikatan Dokter Indonesia. (hasil pemeriksaan kesehatan) itu kemudian dijadikan bahan SK (surat keputusan) oleh KPU," kata Komisioner KPU RI Hasyim Ashari di Jakarta pada Sabtu malam, pada 11 Agustus 2018.

Hasyim mengatakan, hasil tes kesehatan akan diumumkan sesuai tahapan meski tak disebut tanggal pastinya. "Kerangka waktu disampaikan ke KPU, pemeriksaan dokumen persyaratan diperiksa selama tujuh hari sejak pendaftaran dokumen. Hasilnya juga disampaikan dalam kerangka persyaratan," ujarnya.

Sementara pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Senin, 13 Agustus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya