Ada Angka Nol di Nomor Urut Pilpres, KPU: Supaya Tak Tertukar Parpol

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Ketua KPU RI Arief Budiman mengungkapkan alasan mengapa nomor urut pasangan capres cawapres diawali angka 0. Dan menurutnya penambahan angka nol ini untuk membedakan nomor urut parpol peserta Pemilu dan nomor pasangan capres cawapres.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

"Tadi disepakati oleh pasangan calon, tidak lagi menggunakan angka 1 dan 2 tetapi angka 01 dan 02, ini nanti yang akan digunakan pada saat membuat daftar pasangan calon," kata Arief di gedung KPU RI, Jakarta, Jumat 21 September 2018.

Arief menambahkan dengan penambahan angka 0 selain membedakan nomor urut paslon, hal ini juga untuk menghindari keuntungan parpol pengusung secara langsung.

Harapan Prabowo Jelang Penetapan Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024 di KPU

"Supaya semua menjadi berbeda. Penomoran untuk parpol berbeda untuk DPD, berbeda untuk penomoran paslon Presiden Wakil Presiden," jelasnya.

Arief mengakui perubahan penomoran yang berbeda dengan Pemilu 2014 muncul secara mendadak. Namun hal tersebut tak akan menjadi masalah karena telah disepakati semua pasangan calon.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

"Saya pikir ini dibicarakan bersama, jadi semua mengambil kesepakatan. Saya pikir semuanya punya pertimbangan-pertimbangan yang matang, ya sudah," katanya.

Idham Holik, Anggota KPU RI.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai pemenang Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024