Dana Kampanye Gerindra Rp75 Miliar, Hampir Semua dari Caleg

sorot kampanye gerindra 2009 - Kampanye Gerindra.
Sumber :
  • VIVA/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – Partai Gerindra melaporkan dana kampanye yang telah terkumpul sebesar Rp75,3 miliar kepada Komisi Pemilihan Umum pada Minggu, 23 September 2018. Laporan awal dana kampanye disampaikan langsung oleh Bendahara Umum Partai Gerindra, Thomas Djiwandono.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Dana awal itu berasal dari akumulasi laporan penerimaan 575 calon anggota legislatif Partai Gerindra yang berupa barang dan jasa serta dana langsung yang berasal dari partai. Belum ada dana yang bersumber dari pihak ketiga.

“Dana yang terkumpul atau dana yang diterima di level caleg yang harus dilaporkan oleh DPP Gerindra adalah di angka Rp73,5 miliar. Selebihnya dana dari partai itu Rp1 miliar. Jadi total laporan awal dana kampanye dari DPP Gerindra saat ini adalah 75,3 miliar," katanya.

Gerindra Pastikan Prabowo Tak Bicara Kursi Menteri saat Bertemu Surya Paloh

Meski begitu, dia menegaskan bahwa angka itu baru tahap awal pelaporan dana yang terkumpul. Jumlah itu tentu akan bertambah hingga masa pelaporan akhir dana kampanye.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kampanye Partai Gerindra, katanya, dapat langsung mengirimkannya kepada partai. Sementara itu, dana yang telah terkumpul sudah digunakan untuk keperluan operasional, pertemuan terbatas, dan lain-lain, sehingga tersisa sebesar Rp 71,8 miliar.

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak

"Kami juga akan meminta bantuan dari masyarakat dan sebagainya untuk siapa yang ingin membantu kami di Gerindra, maupun paslon akan kami buka ke semuanya," ujarnya.

"Jadi ini adalah jumlah yang diberikan oleh masing-masing caleg dilaporkan. Ini adalah murni dari momentum di bawah siapa yang mau menolong para caleg tersebut," katanya.

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Wakil presiden (wapres) terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait manuver presiden terpilih Prabowo Subianto menemui sejumlah pimpinan partai politik.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024