Hambatan Terberat Jokowi Selama Empat Tahun Jadi Presiden

jokowi dan JK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyampaikan catatan pada pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla, yang hari ini genap berusia empat tahun.

Menteri Bahlil Sebut Ada Pihak Ingin Jegal Hilirisasi di Indonesia

Sejak terpilih empat tahun silam, duo kepemimpinan ini mampun membangun kepada publik lewat berbagai capaian yang menjadi keterlambatan selama ini.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menilai pembangunan infrastruktur yang masif membawa sangat dampak positif bagi keterhubungan antar wilayah.

Isu Jokowi dan Gibran Gabung Golkar, Hasto PDIP: Politik Bukan Sekadar Elektoral

“Dalam perspektif kebudayaan, infrastruktur itu memperkuat rasa percaya diri, optimisme dan membangun budaya kerja Indonesia berprestasi," kata Hasto dalam siaran pers yang diterima VIVA, Sabtu 20 Oktober 2018.

Tidak hanya infrastruktur, sejumlah program sosial seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan distribusi sertifikat tanah membuktikan komitmen Jokowi.

Perlu Ada Tim Transisi dari Pemerintahan Jokowi ke Prabowo? Politisi Golkar Bilang Begini

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak kehilangan karakternya yang terus menemui dan bersalaman langsung dengan rakyat.

Jokowi dinilai Hasto ingin mendengar keluhan - keluhan rakyat, bukan sekadar menerima laporan dari jajarannya.

“Peningkatan keadaban politik terpenting Pak Jokowi adalah menghadirkan kekuasaan di rumah-rumah rakyat melalui tradisi blusukan. Maka rakyat pun datang penuh antusiasme dan tanpa jarak menyampaikan usulan program pada pemimpinnya, “ kata dia.

Di sisi lain, Hasto juga menyebut, awal pemerintahan Jokowi-JK bukan tanpa hambatan. Di awal masa transisi pemerintahan, lanjut Hasto, koalisi partai penantang Jokowi di Pemilu 2014 menguasai seluruh alat kelengkapan dewan dan pimpinan di parlemen.

Dinamika politik itu membuat, satu tahun awal pemerintah terganggu karena konfik dua kubu. 

“Dalam situasi political heavy penuh hadangan di DPR tersebut, terbukti Pak Jokowi mampu merangkul, membangun keyakinan kolaborasi-gotong royong dengan seluruh komponen bangsa.  Dalam 4 tahun pemerintahannya,  justru Jokowi-JK semakin menuai beragam prestasi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya