Mahfud MD: Kisi-kisi Materi Debat Tak Akan Pengaruhi Penampilan Paslon

Prof. Dr. Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA –  Mantan Ketua Mahkamah Konstitusti Mahfud MD mengatakan bahwa kisi-kisi materi debat yang dibocorkan Komisi Pemilihan Umum kepada dua pasangan calon presiden-wakil presiden tidak akan memengaruhi penampilan kedua paslon saat debat kandidat perdana pada Kamis, 17 Januari 2019 nanti. Menerima kisi-kisi atau tidak, menurutnya kedua paslon sudah pasti akan mempersiapkan secara baik menghadapi debat.

Mahfud Bantah Nama Soeharto Dihilangkan dari Sejarah

Mahfud mengibaratkan bocoran kisi-kisi materi debat capres-cawapres dari KPU itu laiknya kurikulum dan silabus dalam sistim pengajaran di sekolah. Kendati begitu, nilai masing-masing peserta didik tidak sama. “Kita kalau mau ujian saja ada kurikulumnya, ada silabusnya, misalnya belajar sistem pemerintahan Indonesia, maka kalau di semester dua akan ada silabusnya,” ujarnya dalam Gerakan Suluh Kebangsaan di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa malam, 15 Januari 2019.

Apalagi, lanjut Mahfud, debat kandidat tidak begitu besar pengaruhnya dalam upaya meraih simpati calon pemilih. Sebab, hampir separuh dari masyarakat Indonesia saat ini sebetulnya sudah menentukan pilihan politik pada pilpres. Pengaruh debat kandidat secara politik tetap ada namun sedikit.

Cabut Status Tersangka Nurhayati, Mahfud: Biar Orang Berani Melapor

“Saya kira debat itu nanti juga akan mempengaruhi oleh sebab itu kedua calon itu tentu sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan sadar tentang pengaruhnya terhadap masyarakat,” kata Guru Besar Hukum Tata Negara itu.

 Hal yang dicatat menurut Mahfud ialah masyarakat harus kritis dalam melihat kedua paslon saat debat nanti. “Masyarakat juga harus kritis, mencermati sebaik-baiknya apa yang dijanjikan di dalam debat itu, dalam memberantas korupsi dan menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu dan terorisme juga,” ujar Mahfud.

Peringatan Mahfud MD Soal Desa Wadas: Polri, BIN-BAIS Tahu itu Framing

“Masyarakat harus mencermati strategi apa yang akan dipilih oleh calon presiden untuk memberantas korupsi. Karena kalau semua capres pasti ingin memberantas korupsi, tapi kita lihat strategi dan track record masing-masing calon,” papar Mahfud.

Menko Polhukam Mahfud MD.

Mahfud: Sikap Presiden Jelas soal Pemilu 2024, Jangan Didesak Lagi

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan pemerintah tidak pernah ada pembahasan soal penundaan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022