Anggota Pansus Century, Akbar Faisal

"Raden Minta Data ke BI Seperti ke Anak Buah"

VIVAnews - Ada pengakuan unik dalam Rapat Panitia Khusus (Pansus) Angket Bank Century. Ada tudingan bahwa Menteri Keuangan mengintervensi Bank Indonesia (BI).

Hal itu terungkap pada saat anggota Pansus Bank Century dari Partai Hanura Akbar Faisal yang menanyakan mengenai perlakuan Departemen Keuangan ke BI, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 7 Januari 2010.

"Saya mendapatkan cerita bahwa perlakuan 'Lapangan Banteng' (lokasi kantor Depkeu) kepada Bank Indonesia luar biasa. Saya mendengar Raden Pardede meminta data ke BI seperti meminta data ke anak buah," kata Akbar.

Ledakan Terjadi di PT San Xiong Steel Lampung, 3 Karyawan Alami Luka Bakar

Raden Pardede adalah Sekretaris Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Akbar melanjutkan pertanyaan, apakah Menkeu Sri Mulyani memberi arahan terkait kasus Century.

Dua Deputi Gubernur yang diperiksa Budi Mulya dan Muliaman Hadad dikonfirmasi, apakah merasakan perlakuan itu.

Budi Mulya mengaku dirinya tak merasakan perasaan tertekan. Namun dirinya mendengar mengenai hal itu. "Jujur saya tak merasakan itu, tapi saya mendengar itu dan barangkali itu pendalaman dalam kapasitas yang lain. Saya mendengar dari rekan saya Siti Fajriah," kata Budi Mulya.

Gelar Pengajian Sebelum Nikah, Rizky Febian Ungkap Hal Ini

Siti Fajriah yang kini masih terbaring sakit, saat itu menjabat sebagai Deputi Gubernur BI. "Mungkin karena Bu Siti Fajriah itu wanita, jadi sensitif. Tapi kami tidak merasakan seperti itu," kata Budi.

Sementara pengakuan Muliaman Hadad juga mengatakan dirinya tak merasakan tekanan intervensi. Menurut dia, hal itu wajar saja jika dalam forum , KSSK mempertanyakan secara detail mengenai data, karena menyangkut pengambilan keputusan.

"Dalam kerangka KSSK, ada mekanisme standar. BI membawa ke KSSK, BI menjelaskan mengapa kita tengarai sistemik, mungkin pada saat itu kritikan mengenai lemahnya pengawasan hal ini wajar-wajar saja, dalam konteks KSSK," kata Muliaman.


Siswa SMK Janjian Tawuran Lewat Instagram Berujung Tewas

ismoko.widjaya@vivanews.com

Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole

Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Ceritakan Pengalaman Pertama Lewat Cinta yang Salah

Selain memiliki minat dalam olahraga beladiri seperti Boxing dan Muay Thai, kini Fabienne Nicole memilih untuk menjelajahi industri musik sebagai seorang penyanyi.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024