PKB Pahami Menyusun Kabinet Wewenang Penuh Presiden

Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang meminta jangan ikut campur soal penyusunan kabinet. Menurutnya, partai boleh saja memberikan masukan, tapi tetap tak boleh mengganggu kewenangan presiden.

Memperingati Hari Jamu Nasional, Simak 5 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh

"Partai boleh memberikan masukan tapi enggak boleh mengganggu kewenangan Pak Jokowi," kata Jazilul di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa 3 September 2019.

Ia menilai sistem presidensial ini harus diperkuat. Sebab jika tidak maka seakan-akan presiden nanti bergantung pada bisikan, tekanan, atau apa pun.

Hari Ini Paripurna DPR RI Putuskan Revisi UU Kementerian

"Pak presiden menyampaikan kepada publik ini presidensial, wewenang ada di saya. Memang itu hak prerogatif presiden. Jadi itu kewenangan penuh presiden, partai-partai pendukung kalau diminta masukan pasti memberikan masukan. Kalau tidak ya itu prerogatif," kata Jazilul.

Ia menilai pernyataan Jokowi juga untuk mengedukasi publik dan juga kepada pengurus partai politik. Ia mengakui memahami pembentukan kabinet memang wewenang penuh presiden, bahkan posisinya tidak boleh menganggu hak prerogatif dan sistem presidensial. 

Gus Yahya Minta Para Pejabat Baru GP Ansor Tiru Jokowi

"Agar tahu masyarakat bahwa Indonesia menganut presidensial," kata Jazilul. (ren)

Donald Trump sata menjalani sidang suap

Donald Trump Janji Usir Demonstran Pro-Palestina Jika Terpilih Jadi Presiden AS di Pilpres 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, kembali memberikan keterangan yang kontroversial. Kali ini dia berjanji akan mengusir seluruh demonstran pro-Palestina

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2024