136 Anggota DPD Jagokan Fadel Muhammad Jadi Ketua MPR

Fadel Muhammad, Pemilihan Pimpinan MPR Unsur DPD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pertarungan pemilihan ketua MPR makin dinamis jelang penetapan, malam hari ini. Kini, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), yang telah rampung menyusun komposisi pimpinan, juga 'ngotot' agar utusan dari mereka mendapatkan kursi sepeninggalan Zulkifli Hasan. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Fadel Muhammad resmi ditetapkan menjadi perwakilan DPD untuk dijagokan dalam susunan pimpinan MPR.

"Kami semua 136 anggota menginginkan Pak Fadel sebagai ketua MPR," kata Sekretaris Fraksi DPD di MPR, Abraham Liyanto, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019. 

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Absen Pemanggilan KPK Kemarin, Ini Alasannya

Fadel diketahui merupakan bekas pengurus Partai Golkar yang menjadi anggota DPD daerah asal Gorontalo. Abraham mengatakan, pihaknya masih menunggu tawaran dari fraksi-fraksi di tetangganya di MPR agar pemilihan menjadi pucuk pimpinan di lembaga itu satu suara atau dengan kata lain diputuskan musyawarah mufakat.

"Tadi ada dari unsur fraksi lain mengusulkan, nah tawarannya apa," ujar Abraham.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Dipanggil KPK di Kasus Korupsi Kemenkes

Setelah DPD mengusulkan, praktis Fadel dipastikan bertarung dengan Bambang Soesatyo yang diusung Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. 

Dalam kesempatan yang sama, Fadel juga menyatakan, dirinya sudah mendekati Golkar, PDIP, Nasdem, dan PKB. Setidaknya, mantan menteri Kelautan dan Perikanan era Susilo Bambang Yudhoyono itu sudah mengantongi 136 suara jika terjadi pengambilan keputusan melalui voting.

"Kita akan membicarakan hal ini dengan partai-partai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya