Pakai Cadar dan Celana Cingkrang, Politisi NasDem: Keluar dari ASN

Politisi NasDem Irma Suryani Chaniago (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana

VIVA – Politisi Partai Nasional Demokrat, Irma suryani, menyebut agama punya aturan, negara pun demikian. Sehingga, apabila mau bernegara maka harus menghormati aturan negara dan kalau mau mengikuti aturan agama harus total dilakukan.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

"Sehingga, jika pemerintah tetapkan ASN (Aparatur Sipil Negara) enggak boleh pakai cadar, ya keluar saja dari ASN kalau menurut saya," kata Irma dalam acara Indonesia Lawyer Club, tvOne Selasa 5 November 2019.

Dia menjelaskan partainya tidak mau turut campur dalam pomelik cadar dan celana cingkrang disebut simbol radikal. Tapi, menurutnya perlu dipahami bahwa aturan negara di buat karena pemerintah adalah pelayan masyarakat. 

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

"Pakai cadar saya hargai, tapi perlu dipahami jadi ASN itu pelayan masyarakat. Kalau enggak kelihatan siapa yang dilayani, kan yang dilayani takut," ujarnya.

Namun, dia tidak setuju apabila peraturan ini untuk seluruh masyarakat Indonesia, karena melanggar hak asasi manusia. Terlebih lagi Tuhan Yang Maha Esa saja menurutnya membiarkan orang memilih agama.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

"Biarkan memilih apa yang mau dipakai. Itu ranah privat," tegasnya. (ase)

Ilustrasi THR.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan total serapan anggaran untuk belanja pegawai telah mencapai Rp 70,7 triliun per 31 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024