Pendukung Asman Abnur Minta Jadwal dan Lokasi Kongres PAN Dievaluasi

Politikus senior PAN, Asman Abnur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Internal Partai Amanat Nasional (PAN) menghangat jelang perhelatan kongres. Ada suara kader menginginkan jadwal dan lokasi dipertimbangkan lagi untuk mendukung kelancaran kongres.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Politikus PAN sekaligus pendukung caketum Asman Abnur, Tjatur Sapto Edy mengatakan jadwal dan lokasi erlu dipertimbangkan karena menjadi syarat penting kelancaran kongres. 

Ia tak setuju dengan pernyataan Ketua Umum Zulkifli Hasan yang menyebut kongres akan digelar 12 Februari 2020 di Sulawesi Tenggara. Pernyataan Zulkifli ini sebelumnya juga memantik kritik karena dinilai sepihak dalam memutuskan.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

“Infrastruktur baik lokasi dan jadwal itu penting untuk memperlancar jalannya kongres,” kata Tjatur, Sabtu malam, 18 Januari 2020.

Menurut dia, dalam penentuan kongres harus dengan mekanisme rapat DPP. Rapat ini pun mesti disaksikan pihak Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC). Selain itu, perwakilan kandidat juga mesti hadir.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

“Semuanya harus disertakan dan dikumpulkan DPP untuk bahas tentukan jadwal dan lokasi kongres,” jelas eks Anggota DPR itu.

Bagi Tjatur, dengan banyak orang menyampaikan pendapat maka akan lebih baik. Jalur penentuan dengan musyawarah mufakat harus diterapkan. Apalagi, kongres ini untuk menentukan nasib partai lima tahun ke depan. “Inikan partai kita. Semuanya bersaudara,” katanya.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan yang digadang-gadang maju kembali caketum petahana menyebut waktu proses kongres yang diselenggarakan pada Februari 2020. Namun, sejauh ini masih menunggu persiapan sehingga belum dapat diumumkan secara pasti.

"(Kongres) Nanti kira-kira tanggal 12 Februari. Lagi dikonfirm tempat, hotel segala macam. Tapi, kira-kira tanggal 12, di Sultra," ujarnya di komplek parlemen, Senayan, Rabu, 15 Januari 2019.

Jelang kongres PAN, sejumlah nama kader senior siap maju memperebutkan kursi Ketum periode 2020-2025. Selain Zulkifli, ada Asman Abnur, Drajad Wibowo, Mulfachri Harahap, dan Hanafi Rais.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya