Lima Hari Jelang Kongres, Elite PAN: Zulkifli Hasan Paling Diunggulkan

Ketua Umum PAN sekaligus Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVAnews / Dinia Adrianjara

VIVA – Partai Amanat Nasional atau PAN, dalam hitungan hari lagi akan menggelar Kongres ke V di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari. Agenda penting dalam kongres kali ini adalah memilih ketua umum periode 2020-2025.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Rizki Aljupri menyebut, dari dinamika politik yang ada, selain Zulkifli ada Asman Abnur, Mulfachri Harahap, sampai Drajad Wibowo yang masuk bursa calon ketua umum (caketum).

Dia bilang, Zulkifli sebagai ceketum petahana dianggap paling unggul, karena bermodal keunggulan suara di kongres.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

“Kalau kita ngomong apa adanya, ya memang Pak Zulkili paling diunggulkan. Alasannya, dari kekuatan jumlah pemegang suara, karena pemegang suara itu kan sekali lagi hanya ketua DPW, sekretaris DPW, dan ketua DPD,” ujar Rizki di Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.

Rizki mengklaim, sejauh ini, Zulkili juga memang suara mayoritas. Kata dia, dari 590 pemilik suara, Wakil Ketua MPR itu sudah mengantongi lebih dari 400 suara. "Masing-masing sudah memberikan surat dukungan yang ditandatangani pemegang hak suara langsung," jelasnya.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Dia menambahkan, bersama tim pemenangan Zulkili sejak lama sudah menggalang dukungan dari para pemilik suara. Selama kepemimpinan di PAN, Zulkifli dekat dengan berbagai pengurus daerah.

Bahkan, menurutnya, dengan peta politik saat ini, ia memprediksi kemungkinan Zulkili menang secara aklamasi berpotensi terjadi. Meski demikian, dia menghormati keinginan calon lain untuk dilakukan pemungutan suara atau voting.

“Memang real apa adanya, ya kalau misalkan tiap wilayah ada satu atau dua daerah yang enggak mendukung Pak Zul, ya enggak masalah," tuturnya.

Terkait deretan nama yang masuk bursa caketum, ia melihat figur Drajad, Asman Abnur, hingga Mulfachri sebagai kader pilihan PAN. Menurutnya, dari sejumlah nama itu ada Asman Abnur yang punya kedekatan dengan Zulkifli. “Di era Pak Sutrisno Bachir, Pak Zul jadi sekjen, pak Asman kan bendaharanya,” sebutnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya