Survei Poltracking: Ganjar Unggul Elektabilitas, Prabowo Popularitas

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei elektabilitas tokoh nasional yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024. Ada sejumlah temuan dalam survei yang dilakukan Poltracking pada awal Oktober ini, salah satunya yakni elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mengungguli elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, mengatakan, dari pertanyaan terbuka mengenai siapa sosok yang dipilih responden sebagai Capres, nama-nama yang terekam antara  lain, Ganjar Pranowo 18.2 persen, Prabowo  Subianto 17.1 persen, Anies Baswedan 10.2 persen Ridwan Kamil 2.4 persen, Khofifah Indar Parawansa 2.1 persen.

Kemudian, diurutan selanjutnya ada nama Sandiaga  Salahuddin Uno 1.7 persen, Puan Maharani 1.5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1.3 persen, Airlangga Hartarto 0.5 persen, Gatot Nurmantyo  0.4 persen, Andika Perkasa 0.3 persen, Mahfud  MD 0.3 persen, Erick Thohir 0.2 persen dan Muhaimin Iskandar (0.2 persen

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Jika dilakukan simulasi dengan 15 nama tokoh, angka elektabilitas tertinggi juga masih dimiliki Ganjar Pranowo dengan 22,9 persen. Sedangkan Prabowo Subianto berada diurutan kedua dengan 20,0 persen.

"Dalam simulasi 15 nama Capres 2024, angka  elektabilitas dari setiap kandidat yaitu Ganjar Pranowo 22.9 persen, Prabowo Subianto 20.0 persen, Anies Baswedan 13.5 persen, Ridwan  Kamil 4.1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 3.3 persen," kata Hanta Yuda, dalam pemaparannya, Senin 25 Oktober 2021.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di Balai Kota tahun 2018

Photo :
  • VIVA/Adinda

Setelah itu diurutan keenam sampai 10 dalam simulasi 15 nama tokoh yang dipilih menjadi Capres diisi nama Sandiaga Salahuddin Uno dengan 2.8 persen, Khofifah Indar Parawansa 2.5 persen, Puan Maharani 1.9 persen, Gatot  Nurmantyo 1.2 persen, dan Andika Perkasa 1,2 persen. 

Kemudian di lima terakhir ada nama Airlangga Hartarto dengan 1.0 persen, Erick Thohir 0.9 persen, Mahfud MD 0.8 persen, Muhaimin Iskandar 0.3 persen dan  Zulkifli Hasan 0.2 persen. 

Meski kalah dalam elektabilitas dari Ganjar Pranowo, survei Poltracking memperlihatkan Prabowo Subianto masih unggul jika dilihat dari segi Popularitas. Prabowo masih lebih dikenal oleh masyarakat dengan angka 80,9 persen.

"Yang tertinggi popularitasnya adalah Prabowo Subianto dengan angka 80,9 persen. Yang kedua adalah Sandiaga Salahuddin Uno, itu 68,2 persen," 

Survei nasional ini dilakukan Poltracking pada tanggal 03-10 Oktober 2021 dengan menggunakan  metode multistage random sampling. Jumlah  sampel dalam survei ini adalah 1220 responden  dengan margin of error (MoE) +/-  2.8 persen pada  tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data  Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir. Pengumpulan  data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan protokol  kesehatan yang ketat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya