Suara Demokrat Pernah Naik 300 Persen, Hasto Undang Mahasiswa Riset

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Youtube PDIP

VIVA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengaku terkejut dengan antusias banyaknya mahasiswa yang ingin mengambil pendidikan beasiswa pasca-sarjana atau S2 dan doktor (S-3). Hal itu setelah dirinya menawarkan bagi berbagai kalangan untuk mengambil kajian lewat disertasinya.

Kajian itu terkait perbandingan kepemimpinan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kata Hasto, mahasiswa peminat itu jumlahnya banyak dengan mencapai 53 orang. 

"Sebagian besar mengambil program S2 dan S3 dan berasal dari kalangan perguruan tinggi ternama. Ada dari Universitas Indonesia, UGM, Universitas Airlangga, UIN Banda Aceh, hingga dari Oslo University, Manila University, Universiti Sains Malaysia," kata Hasto, dalam keterangannya, Selasa, 25 Oktober 2021. 

Hasto menyebut kajian penelitian ini juga mencakup ilmu pemerintahan, politik, kebijakan publik, kepemimpinan, psikologi, hingga kelembagaan organisasi pemerintahan. 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY. (Foto ilustrasi)
Photo :
  • Dok. Demokrat

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY. (Foto ilustrasi)

Menurut dia, tawaran atau ajakan ini bersifat pribadi. Pernyataan itu pun terlontar setelah menanggapi sindiran Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani yang menilai Hasto tertidur selama kepemimpinan SBY.

Untuk  menguji hal tersebut, Hasto menyarankan lebih baik adanya kajian akademis. Para penerima beasiswa, nantinya bisa bebas melakukan penelitian demi pengembangan ilmu pengetahuan.