Pilkada Sumbar, Demokrat-Gerindra Koalisi

Partai Demokrat.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat akan melakukan verifikasi berkas lima pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung pada Pilkada 30 Juni mendatang.

"Verifikasi tahap pertama dimulai hari ini selama satu minggu ke depan dan perbaikan berkas dilanjutkan pada minggu berikutnya," kata anggota KPU Sumbar Husni Kamil Manik pada VIVAnews, Jumat, 9 April 2010.

Sedangkan penetapan calon yang lolos verifikasi akan dilakukan pada 27 April bersamaan dengan penetapan nomor urut calon.

Berikut lima pasangan calon yang mendaftar ke KPU Sumbar hingga pukul 24.00 WIB semalam.

Pasangan Irwan Prayitno dan Muslim Kasim yang diusung koalisi PKS, Hanura, PBR, mendaftar di menit-menit akhir.

Irwan Prayitno merupakan kader PKS yang telah tiga kali berturut-turut menjadi anggota DPR RI. Irwan berpasangan dengan Muslim Kasim saat ini menjabat sebagai bupati Padang Pariaman.

Pasangan berikut yakni Edi Warman dan Husni Hadi yang diusung 24 partai kecil di Sumbar. Hanya PBB dari koalisi banyak partai ini yang memiliki dua kursi di DPRD Sumbar Edi Warman merupakan dosen sekaligus pengacara di Medan sedangkan Husni Hadi tercatat sebagai staf di BAIS (Badan Intelijen Strategis) TNI.

Tiga pasangan selanjutnya yakni Endang Irzal-Asrul Syukur yang diusung koalisi Demokrat dan Gerindra; pasangan Fauzi Bahar dan Yohanes Dahlan yang diusung koalisi PAN dan PPP; dan pasangan incumbent Marlis Rahman-Aristo Munandar yang diusung Golkar.

Pasangan incumbent menjadi calon pertama yang mendaftar ke KPU Sumbar. Menurut Husni, pasangan calon juga akan melakukan pemeriksaan  kesehatan sebagai bentuk syarat yang mesti dipenuhi pasangan calon.

Laporan: Eri Naldi| Padang

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah
Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) oleh petugas saat sedang menjaring sampah di kali.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024