NasDem Lirik Anies, Ridwan Kamil dan Ganjar untuk Capres 2024

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di Balai Kota tahun 2018
Sumber :
  • VIVA/Adinda

VIVA – DPP Partai NasDem mempertimbangkan tiga Kepala Daerah yang dianggap memiliki kedekatan baik secara historis maupun komunikasi politik dengan NasDem untuk diusung di Pilpres 2024.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Tiga Kepala Daerah itu yakni Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"NasDem mempertimbangkan itu semua, kami mempertimbangkan Ganjar, Anies dan Ridwan Kamil. Itu kita pertimbangkan," kata Ketua DPP Partai NasDem Saan Mustopa kepada wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Februari 2022.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Saan lebih jauh mengungkapkan, alasan kenapa pihaknya mempertimbangkan ketiga kepala daerah yang dinilai potensial di Pilpres 2024 itu karena ketiganya dekat dengan NasDem.

Menurut Saan, Ridwan Kamil secara emosional itu dekat dengan Partai NasDem, karena waktu menjadi Gubernur Jawa Barat, partai pengusung pertama RIdwan Kamil adalah NasDem. Selain itu, komunikasi RK juga sangat baik, bahkan masyarakat mengidetikkan Ridwan Kamil dengan NasDem.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Pak Anies juga sama. Pak Anies itu deklator ormas NasDem. Jadi, punya kedekatan dengan NasDem. Pak Ganjar juga begitu, komunikasinya baik. Jadi tiga nama itu menjasi pertimbangan Nasdem," imbuhnya.

Seperti diketahui, Lembaga survei SMRC merilis hasil survei soal elektabilitas tokoh nasional di Jawa Barat. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersaing ketat dengan tiga nama tokoh lainnya. 
Para responden diberikan pertanyaan 'Bagaimana dukungan warga Jawa Barat terhadap calon-calon presiden bila pemilihan Presiden diadakan sekarang ini'. Ganjar pun mampu menyaingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), hingga Menhan RI Prabowo Subianto

"Dalam simulasi empat nama calon, dukungan untuk Prabowo Subianto 21,9 persen, Anies Baswedan 19,3 persen, dan Ganjar Pranowo 17,8 persen," ujar Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad dalam rilis survei secara daring, Selasa, 15 Februari 2022. 

"Angka ini hampir menyaingi Ridwan Kamil sebesar 22,2 persen," lanjut Saidiman. 

Selain dalam simulasi empat nama calon, elektabilitas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga melejit di kategori pilihan top of mind atau jawaban spontan. 

Menurut Saidiman, masih ada 43 persen responden yang menjawab 'tidak tahu' atau tidak menjawab.  "Ridwan Kamil 13 persen, Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen dan Ganjar Pranowo 10 persen, sementara nama-nama lain di bawah 3 persen," ucapnya.  

Adapun survei ini dilakukan melalui wawancara dengan melibatkan 801 responden pada 5-8 Februari 2022. Survei ini menggunakan asumsi simple random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya