Edy Rahmayadi Minta Dukungan PAN, Zulkifli Hasan Beri Respon Begini

Edy Rahmayadi Bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA/ B.S Putra

VIVA – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, meminta dukungan PAN untuk dirinya maju kembali pada Pilkada 2024 mendatang. Permintaan itu disampaikannya di hadapan Ketum PAN Zulkifli Hasan, saat hadir dalam pelantikan DPW PAN Sumatera Utara, di Kota Medan pada Jumat 11 Maret 2022.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Sebelumnya, Edy juga meminta dukungan ke Partai Nasdem dan PKS.

Gubernur Edy merujuk data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut. Dimana pada 2019 jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) sekitar 9,7 juta. Pada pemilihan presiden jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya hanya mencapai sekitar 7,5 juta.

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

Melihat jumlah penduduk Sumut yang belum menentukan pilihannya, mantan Pangkostrad itu memperkirakan akan menjadi potensi bagi partai politik. Jika dimaksimalkan, bisa untuk mendorong perolehan suara yang signifikan di Pemilu 2024 mendatang.

“Ada sekitar 3 juta lebih yang belum menentukan pilihannya, selaku gubernur saya tidak ingin partai rebutan karena ada yang belum mau memilih sekitar 3 juta lagi. Rebut itu yang tiga juta,” sebut Gurbernur Edy.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Dengan begitu, mantan Ketua Umum PSSI itu berharap PAN dapat memperoleh suara terbanyak dengan memiliki 20 kursi di DPRD Sumut. 

"PAN ini kalau sampai mendapatkan 1,35 juta (pemilih), berarti 20 kursi ada di DPRD (Sumut) seperti yang saya sampaikan ke Ahmad Fauzan (Ketua PAN Sumut)," jelasnya.

Bila PAN bisa meraup 20 kursi di DPRD Sumut, Gubenur Edy mengungkapkan akan memberikan dapat positif bagi dirinya juga nanti saat maju di Pilkada Sumut.
 
“Yang untung saya, kalau saya dipilih lagi nanti PAN. Tak perlu lagi cari-cari partai lain, satu partai aja dia (untuk maju di Pilkada Sumut)," tutur mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Untuk diketahui, PAN bersama sejumlah partai politik lainnya menjadi partai pengusung Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah pada Pilkada Sumut tahun 2018, lalu.

Respon Zulkifli Hasan

Sementara itu, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan tidak langsung mengaminkan permintaan dukungan Edy Rahmayadi. Wakil Ketua MPR RI itu meminta Gubernur Sumut tersebut membuat gebrakan dalam tugasnya sebagai kepala daerah.
 
“Pak gubernur terima kasih, mudah-mudahan kita bisa bersama lagi. Bikin lah sesuatu di Sumatera Utara ini, sehingga akan menjadi legacy,” sebut Zulkifli Hasan.

Dengan itu, Zulkifli Hasan mengungkapkan, PAN akan mempertimbangkan untuk mendukung Gubernur Edy pada Pilgub Sumut tahun 2024.

“Sehingga nanti mudah kalau untuk running kembali," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya