Surveli LSI: Prabowo Tertinggi di Sumsel, Anies & Ganjar Jauh di Bawah

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil surveinya terkait elektabilitas calon presiden untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Nama seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tinggi.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyebutkan, dari simulasi semi terbuka dan boleh menyebutkan nama lainnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto paling banyak dipilih, yaitu oleh 34.4 persen pemilih.

Di tempat kedua adalah Anies Baswedan 15.5 persen, lalu Ganjar Pranowo 10.9 persen. Urutan keempat ada Sandiaga Salahuddin Uno dengan 5.7 persen, dan AHY 4.1 persen. Sementara nama lain lebih rendah, kurang dari 4 pesen dan belum menjawab 10.2 persen.

"Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto masih menjadi pilihan utama masyarakat Sumatera Selatan dalam kontestasi pemilihan presiden yang akan berlangsung pada 2024 mendatang. Ini terlihat dari beberapa simulasi elektabilitas capres dan nama Prabowo masih mendominasi," kata Djayadi, kepada awak media, dikutip Selasa 29 Maret 2022.

Kemudian dalam simulasi 5 nama, Prabowo Subianto tetap paling banyak dipilih, dengan tingkat keterpilihan sebanyak 42.6 persen. Cukup jauh mengungguli Anies Baswedan (20.3 persen), diikuti oleh Ganjar Pranowo 15.9 persen. Sedangkan Sandiaga Uno mendapatkan 10.2 persen dan Airlangga Hartarto 0.9 persen. Belum menjawab 10.1 persen.

"Selanjutnya dalam simulasi tertutup tiga nama, Prabowo tetap unggul dengan elektabilitas sebanyak 49.1 persen, baru kemudian Anies Baswedan 24 persen, dan Ganjar Pranowo 17.5 persen. Belum menjawab 9.3 persen," ujar Djayadi.

Menurut Djayadi, Prabowo Subianto dipilih terutama karena alasan tegas dan berwibawa. Selain itu Prabowo Subianto adalah sosok yang paling popular, mencapai 99,1 persen, dengan tingkat kedisukaan yang sangat baik mencapai 79,6 persen.