Tak Pusingkan Reshuffle, Zulkifli Hasan Pilih Blusukan ke Solo

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, bertemu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • Dok. PAN.

VIVA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan, memilih tak pusingkan isu tersebut. Wakil Ketua MPR itu lebih memilih melakukan konsolidasi partai dengan melakukan ‘blusukan’ ke berbagai daerah di Jawa Tengah.

Konsumsi BBM Skutik Yamaha Fazzio dari Yogyakarta ke Solo Tembus 83 Km/Liter

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan

Photo :
  • VIVA/ Andrew Tito

Hak Presiden

Gibran Bakal Perkuat Regulasi demi Kurangi Dampak Negatif Kekerasan Game Online bagi Anak

"Sudah 4 hari saya berada di Solo Raya. Mulai dari Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Purworejo, Klaten, Wonogiri, hingga Karanganyar. Konsolidasi PAN, menggerakkan mesin partai," kata Zulkifli kepada awak media, Rabu, 30 Maret 2022.

Saat ditanya pendapatnya tentang isu reshuffle kabinet, Zulkifli menepis hal tersebut.

Zulhas Sebut Eko Patrio Pantas Menteri, Gerindra: Kami Senang-senang Saja

"Saya tidak pusing. Itu hak presiden. Yang jelas saya pesankan kepada kader PAN di daerah untuk bekerja membantu pemerintah, kolaborasi, kita sedang menghadapi situasi bangsa yang tidak mudah," katanya.

Baca juga: Kenalkan PAN ke Warga Nahdliyin di Jatim, Zulkifli Sarungan dan Ziarah

Temui Kepala Daerah

Dalam safari politiknya kali ini, sebagaimana dilakukan di berbagai daerah lain, Zulkifli mendatangi kepala-kepala daerah setempat, wali kota atau bupati. Mantan Ketua MPR itu pun mendatangi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) setempat, ormas-ormas Islam dan sejumlah pondok pesantren.

"Saya punya kegelisahan tentang keutuhan bangsa dan negara ini. Menghadapi berbagai tantangan ke depan, situasi pasca pandemi COVID-19 sampai pemulihan ekonomi, seluruh elemen perlu berkolaborasi. Selalu itu yang saya pesankan kepada para kepala daerah."

Zulkifli bertemu Walikota Surakarta Gibran Rakabuming. Putra Presiden Jokowi itu tampak semringah didatangi Ketua Umum PAN. Dia dan rombongan disambut dengan hangat dan disuguhi Tengkleng Solo.

"Saya menerima Wakil Ketua MPR, bapak Zulkifli Hasan, di Loji Gandrung. Pertemuan hangat dan diskusi ringan. Pak Zul menikmati soto dan tengkleng, katanya enak. Di sela-sela pertemuan, beliau turut sampaikan pesan untuk terus menjaga NU dan Muhammadiyah sebagai benteng NKRI," kata Gibran.

PAN Dapat Posisi Menteri

Isu kuat beredar bahwa PAN akan mendapatkan posisi menteri dan wakil menteri dalam reshuffle kabinet mendatang. Sejumlah pengamat bahkan memprediksi kocok ulang kabinet ini memang dipersiapkan Jokowi untuk memberikan tempat kepada partai berlambang matahari putih itu, diperkirakan terjadi dalam waktu dekat.

Kendati demikian, Zulkifli masih pada sikapnya untuk tidak ikut memusingkan hal tersebut.

"Yang jelas sekarang saya fokus konsolidasi PAN di Jateng. Jateng harus bangkit. Kerja-kerja politik harus dilakukan. Ganti mindset dari konfrontasi ke kolaborasi. Bangsa ini akan besar kalau seluruh elemen bangsa bekerja sama untuk kebaikan bersama," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya