PKB Bantah Rotasi Luqman Hakim karena Beda Visi dengan Cak Imin

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PKB Luqman Hakim.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Dokumentasi Luqman Hakim

VIVA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Cucun Syamsurizal membantah digesernya Luqman Hakim dari Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PKB menjadi anggota Komisi IX DPR fraksi PKB karena gejolak politik di internal partai.

PKB-PKS Ancang-ancang Koalisi, Siapkan Sosok Ini Jadi Penantang Khofifah di Jatim

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

"Tidak ada kaitan apa-apa, kami sudah biasa keputusan fraksi, jangan menjadi hal yang baru. Toh fraksi lain juga. Saya merotasi orang kan sudah bagian standar dari operasional (SOP) di fraksi. Jadi, enggak ada kaitannya dengan kondisi sekarang kita diadudombakan masalah ini, masalah ini, enggak ada," ujarnya kepada awak media, Rabu, 13 April 2022.

PKB Beri Sinyal Siap Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

Baca juga: PKB Rotasi Luqman Hakim Dari Pimpinan Komisi II ke Anggota Komisi IX

Bukan Langkah Politis

Putra Wapres Ma'ruf Amin Maju Pilgub Banten 2024 Lewat PKB

Cucun mengungkapkan bahwa keputusan memindahkan Luqman Hakim dari pimpinan Komisi II yang antara lain bersentuhan dengan tugas-tugas kepemiluan ke Komisi IX DPR yang mengurusi masalah kesehatan, bukan langkah politis DPP PKB.

"Yang beredar sekarang itu bukan dari DPP PKB. Kami sudah biasa melakukan rotasi, dan kali ini yang dirotasi ada 8 orang. Yang dari komisi IX pindah kesini, yang dari badan anggaran tidak dapat AKD (Alat Kelengkapan Dewan) lagi, dan besok awal sidang kita juga akan rotasi pimpinan AKD," ujarnya.

Cucun juga menepis dirotasinya Luqman Hakim ke Komisi IX DPR RI karena sempat menolak wacana penundaan Pemilu 2024, dan itu dianggap berseberangan dengan visi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang ingin pemilu ditunda.

"Itu pendapat dia (Luqman Hakim) personal, dan dia sudah menyampaikan bahwa dia mendapat penugasan lain, yang namanya di rumah fraksi dia akan taat dan patuh bagaimana di fraksi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya