Masinton Siap Beri Info Kejagung soal Mafia Migor Danai Tunda Pemilu

Anggota DPR dari PDIP, Masinton Pasaribu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Anggota DPR dari Fraksi PDIP Masinton Pasaribu menyatakan siap memberikan informasi kepada Kejaksaan Agung mengenai dugaan mafia minyak goreng mendanai isu penundaan Pemilu Serentak 2024. Dia mengaku siap mendukung Kejagung jika membutuhkan informasi tambahan.

Terkuak, 2 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah Adalah Bos Sriwijaya Air

"Jika Kejaksaan Agung memerlukan informasi tambahan pasti kita support dan sampaikan," kata Masinton saat dihubungi awak media, Selasa, 26 April 2022.

Namun, Masinton yakin informasi dan data yang dimiliki Kejagung lebih komprehensif dari informasi yang berkembang di publik. Terlebih, kata dia, Kejagung memiliki berbagai instrumen untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.

Mobil Mewah Harvey Moeis, Nunggak Pajak Ratusan Juta dan Pakai Nama Perusahaan

"Dengan berbagai instrumen penegakan hukum yang dimiliki, saya yakin pengumpulan informasi dan bahan keterangan yang dihimpun oleh Jaksa penyidik Kejaksaan Agung sudah lebih banyak ketimbang informasi yang kita miliki di luar," ujarnya.

Penghitungan surat suara Pilpres 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jawaban Menohok Kejagung soal Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Masinton juga mengapresiasi Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin yang memimpin Kejagung melakukan penegakan hukum selama ini.

Kata dia, Kejagung telah bekerja dengan senyap mengumpulkan seluruh informasi, keterangan dan alat bukti, hingga membawa pelaku kejahatan dituntut di pengadilan.

Kemudian, Masinton juga menyerahkan kepada Kejagung untuk mengusut dugaan mafia minyak goreng mendanai isu tunda Pemilu Serentak 2024. Sebab, kasus mafia kelangkaan dan kemahalan harga minyak goreng saat ini sedang ditangani Kejagung.

"Independensi penegakan hukum Kejaksaan Agung harus kita hormati bersama. Tidak bercampur aduk dengan keriuhan politik. Biarkan hukum bekerja dengan mekanismenya," jelas Masinton.

Masinton menjaga dan menghormati seluruh tahapan proses hukum dan independensi penegakan hukum yang sedang berjalan di Kejagung. 

Sebelumnya, Masinton mengaku memiliki informasi usulan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan disponsori fundraising dari dana kasus dugaan korupsi pemberian izin ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO).

"Ya, saya ada informasi menyampaikan ke saya bahwa dia memberikan sinyalemen ya, menduga bahwa sebagian dari kelangkaan minyak goreng dan kemudian harganya dibikin mahal dan mereka mengutamakan ekspor karena kebutuhan fundraising. Untuk memelihara dan menunda pemilu itu," kata Masinton, Sabtu, 23 April 2022.

Menurut dia, hal ini termasuk deklarasi dukungan terhadap wacana tiga periode oleh sejumlah elemen masyarakat. Dia menyebut, merupakan binaan korporasi besar yang berkaitan dengan produksi minyak sawit mentah (CPO).

"Kemudian, ada deklarasi-deklarasi untuk perpanjangan masa jabatan presiden dari petani-petani plasma binaan korporasi besar. Background itu tadi dalami aja," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya