Survei Charta Politika: Elektabilitas PKB Tembus Tiga Teratas

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (tengah).
Sumber :
  • VIVA/Dhana Kencana

VIVA – Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil riset terbarunya terkait elektabilitas partai politik. Temuan survei, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil menyalip Golkar dengan menembus posisi tiga besar. 

Prabowo Temui Lawan Politiknya dalam Pilpres Upaya Luar Biasa, Menurut PAN

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menjelaskan elektabilitas parpol ini menjawab kepuasan responden. Dia mengatakan posisi pertama masih ditempati PDI Perjuangan (PDIP). Lalu, urutan kedua ada Gerindra.

Yunarto mengatakan, dalam elektabilitas parpol, responden diajukan pertanyaan tertutup yaitu 'Seandainya pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI dilaksanakan hari ini dan diikuti oleh partai politik di bawah ini, partai apa yang Ibu/Bapak pilih?'.

Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

Dari jawaban survei, diketahui PDIP dipilih paling banyak dengan mendapat 24,7 persen, Gerindra 11,9 persen, dan PKB 9,8 persen.

Kampanye PKB di Pemilu 2014. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Sementara, Golkar ada di posisi empat dengan 9,2 persen dan PKS 7,7 persen. Kemudian, Demokrat 7 persen, Nasdem 5,1 persen.

"Secara umum pilihan publik terhadap partai politik secara berurutan adalah PDIP, Gerindra, PKB, dan Golkar sebagai 4 partai politik dengan pilihan tertinggi. Sementara, PKS dan Demokrat berada pada urutan berikutnya, relatif berimbang," kata Yunarto dikutip pada Selasa, 26 April 2022.

Pun, partai dengan elektabilitas di bawah 4 persen versi Charta Politika antara lain  PPP 2 persen, PAN 1,5 persen, Perindo 1,1 persen. Lalu, parpol dengan di bawah 1 persen yaitu Partai Gelora 0,3 persen, Partai Hanura 0,3 persen, Partai Ummat 0,2 persen, PSI 0,2 persen, PBB 0,1 persen, dan Partai Garuda 0,1 persen.

Survei Charta Politica digelar dalam kurun waktu 10-17 April 2022 di 122 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia. Sebanyak 1.220 responden dilibatkan dalam survei ini.

Survei menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling. Adapun margin of error dalam survei ini +- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95 persen.

Berikut ini hasil lengkap survei elektabilitas parpol versi Charta Politika:

PDIP 24,7 persen
Gerindra 11,9
PKB 9,8 persen.
Golkar 9,2 persen
PKS 7,7 persen

Demokrat 7 persen.
NasDem 5,1 persen
PPP 2,0 persen
PAN 1,5 persen
Perindo 1,1 persen

Gelora 0,3 persen
Hanura 0,3 persen
Partai Ummat 0,2 persen
PSI 0,2 persen
PBB 0,1
Partai Garuda 0,1.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya