5 Fakta Menarik Rocky Gerung Yang Bikin Kamu Tercengang

Pengamat politik Rocky Gerung saat acara Bimtek anggota legislatif PKS
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA – Rocky Gerung dikenal sebagai pengamat politik, argumentasinya kerap kali menjadi sorotan karena mengundang kontroversi dan sentilan-sentilan kepada pemerintah.

Sosok Dewi Puspitorini, Jenderal Bintang 1 Jabat Dokter Ahli CVC di RSPAD

Pria kelahiran Manado ini sangat familiar dengan dunia pemikiran dan filsafat, di Universitas Indonesia ia juga mengajar di Fakultas Ilmu Budaya.

Sebagai orang yang memahami dunia filsafat, opini dan pendapatnya seringkali mengacu pada ilmu ini, ia juga kerap kali menggunakan Bahasa-bahsa filsafat dalam mengutarakan pendapatnya di layar kaca.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Sosoknya semakin populer semenjak ia sering kali tampil di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang tayang di tvOne. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan padanya berhasil ia jawab dengan penuh filosofis.

Berikut VIVA telah merangkum dari beberapa sumber terkait 5 fakta menarik Rocky Gerung

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

1.  Rocky Gerung kuliah di 5 jurusan

Jurusan yang pernah Rocky Gerung ambil selama berkuliah di Universitas Indonesia yakni, Teknik Elektro, Ekonomi, Hubungan Internasional, Hukum dan Filsafat. Namun dari ke 5 jurusan yang ia pilih tersebut, Rocky Gerung hanya menyelesaikan jurusan Filsafatnya saja.

2. Tidak mengambil gaji selama mengajar

Dirinya mengabdi selama 15 tahun di Universitas Indonesia (UI). Selama menjadi dosen di kampus unggulan itu, dia tidak pernah mengambil gajinya, pria kelahiran 1959 itu beralasan dirinya tidak merasa miskin untuk menerima honor dari UI.

3. Teman dekat Gus Dur

Rocky Gerung memiliki kedekatan dengan presiden RI ke-4 Gus Dur. Dirinya bersama Gus Dur dan Azyumardi Azra mendirikan Institute Setara, yang merupakan Lembaga pemikir non pemerintah. Lembaga ini bergerak di bidang Demokrasi dan HAM pada tahun 2005.

4. Menolak beasiswa doktor di Perancis

Rocky mengaku dirinya kerap kali mendapatkan tawaran beasiswa, salah satunya S3 di Prancis, akan tetapi tawaran tersebut ditolak oleh Rocky, ia beranggapan ilmu yang ia miliki sudah cukup dan tidak lagi membutuhkan ijazah.

5. Belum menikah

Sampai di usianya yang ke 60 Rocky belum memiliki pasangan hidup, alasan pastinya tidak begitu diketahui mengapa ia belum menikah. Tapi ia pernah mengatakan “wanita dan pernikahan adalah indah sebagai fiksi tetapi bahaya sebagai fakta” dikutip dari YouTube Arus Balik MP

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya