Erick Thohir Didaulat Untuk Menjadi Dewan Pembina Pujakesuma

Erick Thohir Didaulat Jadi Pembina Pujakesuma di Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir, didaulat untuk menjadi Pembina Perkumpulan Keluarga Besar Putra Jawa Keturunan Sumatera (Pujakesuma). Pengukuhan itu dilakukan saat Erick menghadiri Musyawarah Besar (MUBES) ke-V.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Mubes Pujakesuma tersebut dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat malam kemarin. Ada momen menarik saat Erick datang. Kedatangan Erick Thohir itu langsung disambut oleh ratusan massa Pujakesuma. Bahkan ada teriakan "Pak Erick Presiden". Disertai dengan tepuk tangan ratusan masa yang menggunakan blankon khas Jawa.

Ketua Umum PKB Pujakesuma Joko Susilo menjelaskan, kehadiran Erick Tohir pada Mubes Pujakesuma kali ini dalam kapasitas dirinya sebagai Ketua Dewan Pembina PKB Pujakesuma.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Dia mengatakan, seluruh perwakilan daerah Pujakesuma telah mendaulat Erick sebagai Dewan Pembina PKB Pujakesuma. 

"Sejak beberapa waktu lalu, Pak Erick Thohir telah diangkat menjadi Dewan Pembina PKB Pujakesuma oleh seluruh anggota Pujakesuma. Pak Erick didaulat karena kita yakin beliau adalah salah satu tokoh yang memiliki kesamaan visi dengan kita dan beliau adalah sosok yang sangat perhatian dengan budaya kita," kata Ketum PKB Pujakesuma Joko Susilo di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. 

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Diakuinya, Pujakesuma juga mendapat masukan untuk mendukung Erick Thohir di Pemilu 2024 mendatang. Joko mengakui, bahwa itu merupakan suara atau aspirasi yang ada di tengah masyarakat. Meski dia menegaskan, pihaknya mengembalikan penuh pilihan tersebut kepada Erick Thohir.

"Kalau itu kan suara di bawah, jadi kita kembalikan lagi kepada Bapak Erick," ujarnya.

Erick Thohir sendiri menanggapi santai teriakan dukungan untuk menjadi Presiden RI tersebut. Dia mengaku tidak memikirkan Pemilu 2024. Justru lebih fokus membantu Presiden Joko Widodo, yang diamanatkan untuk mengurus BUMN. 

"Hari ini saya masih membantu Presiden. Jadi kita fokus pada pekerjaan yang ada," kata Erick Tohir.

Lebih lanjut Erick Thohir menegaskan, dirinya bersedia menjadi Ketua Dewan Pembina PKB Pujakesuma bukan karena kepentingan politik. Apalagi dikatikan dengan kepentingan Pilpres 2024. 

Menurut Erick, selain konsen pada kebudayaan, PKB Pujakesuma juga memiliki program dan semangat untuk mensejahterakan anggotanya melalui penguatan ekonomi, baik dari sektor pertanian, sektor peternakan, dan lain sebagainya. 

"Kesejahteraan masyarakat Indonesia ini bisa jadi pondasi. Tentu dengan segala kerendahan hati, mohon jangan disalah tafsirkan. Program ini tak lain untuk mengajarkan bangsa, bukan karena apa-apa, dan ini baru tahun 2022," kata Erick.

"Yang tadi berbicara tahun 2024 berarti mendoakan saya cepat tua," tambah Erick disambut tawa.

Untuk diketahui, PKB Pujakesuma merupakan paguyuban putra Jawa kelahiran Sumatera. Organisasi ini berdiri sejak tahun 1980-an, ketika pemerintah menggencarkan transmigran dari Pulau Jawa ke Sumatera. 

Umumnya mereka berprofesi sebagai petani Kelapa Sawit dan Karet. Namun, seiring perjalanan waktu, saat ini anggota paguyuban Pujakesuma sudah tersebar hingga di luar Pulau Sumatera dan merambat ke sektor-sektor di luar pertanian, termasuk di pemerintahan dan politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya