Seluruh DWP Nasdem Tak Mau Usung Prabowo Capres 2024

Acara Partai Nasdem (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto tidak didukung satupun Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem dalam proses penggodokan kandidat capres di Rakernas Nasdem, di JCC, Senayan, Jakarta.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Berbeda dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Meski dia kader PDIP, namanya diusulkan kedua terbanyak setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di posisi pertama.

Menurut Sekretaris Steering Committee (SC) Rakernas Nasdem, Willy Aditya, tidak didukungnya Prabowo oleh DPW diduga karena kader tidak mau menginginkan figur yang terlalu dominan ke partai politik tertentu.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

"Iya tentu proses rekomendasi ini kita dengar langsung tadi. Mungkin teman-teman di DPW memiliki catatan yang tidak menginginkannya asosiasi figur yang terlalu dominan ke partai politik tertentu," kata Willy dalam konferensi pers di JCC Senayan, Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022.

Willy mengatakan, jika hal tersebut wajar dan bisa dipahami. Mengingat, dalam daftar capres yang diusung 34 DPW Nasdem, tidak ada nama ketua umum dari partai politik lain.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Itu satu hal yang wajar apalagi tidak ada nama ketua umum parpol," ujarnya.

Tapi ketika dikaitkan tidak adanya dukungan kader dengan dengan pertemuan Prabowo dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Tower Nasdem beberapa waktu lalu, Willy menjawab diplomatis. Menurutnya hal itu merupakan silahturahmi dalam rangka komunikasi antar kedua parpol.

"Silaturahmi itu terjadi untuk kemudian saling berkomunikasi satu sama lain. Nasdem sadar betul, kami tidak memiliki kecukupan tiket sehingga membutuhkan dukungan partai lain atau bersama-sama dengan partai lain dalam proses pengusungan," imbuhnya.

Diketahui, nama Anies Baswedan paling banyak diusung DPW Partai Nasdem untuk menjadi calon presiden (capres) di 2024. Selain Anies, muncul nama Gubernur Jawa Tengah sebagai sosok kedua yang paling banyak diusung DPW.

Dari 34 DPW Nasdem di seluruh Indonesia, 32 di antaranya mengusung Anies. Sementara, 29 DPW Nasdem mengusulkan Ganjar Pranowo menjadi capres.

Baca juga: 34 DPW Nasdem Usul Bakal Capres, Nama Anies dan Ganjar Terbanyak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya