Megawati Curhat ke Jokowi, Teriak Merdeka di TNI AL yang Jawab Sedikit

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP
Sumber :
  • PDIP

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bercerita di hadapan Presiden Joko Widodo bahwa kemarin Ia diminta untuk memberikan arahan kepada prajurit TNI Angkatan Laut. Megawati mengaku sempat direspon datar prajurit TNI AL saat meneriakan 'Merdeka'.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

"Pak Jokowi, supaya tahu, kemarin saya diundang juga untuk memberikan arahan di Angkatan Laut. Sangat ini lah, supaya Bapak Presiden tahu, dari sejak saya menjadi ketua umum partai, dari yang disebut PDI, itu ketika saya teria-teriak Merdeka, media dan banyak orang seperti mencemooh saya. Sudah merdeka kok terus teriak-teriak Merdeka," kata Megawati di acara Rakernas PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Juni 2022. 

VIVA Militer: Presiden RI ke-5 Megawati resmikan nama KRI Bung Karno-369

Photo :
  • Dispenal
Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Megawati menegaskan sering meneriakan 'Merdeka' dalam berbagai kesempatan atas inisiatif pribadinya, sekaligus mengingatkan kepada anak bangsa, bahwa meskipun sudah merdeka bukan berarti kita lupa kita sudah menjadi orang merdeka, bebas berdaulat.

Maka ketika berbicara di depan prajurit TNI AL, Megawati menyadari situasinya tidak seperti di depan kader PDIP. Pun ketika meneriakkan 'Merdeka', mereka pun awalnya kebingungan. 

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

"Ketika di sana, saya sudah tahu, tidak seperti kalau anak-anak saya (PDI). Jadi waktu saya bilang izinkan, tentu dengan KSAL, kalau saya mengucapkan ‘Merdeka’ tolong dijawab ‘Merdeka’. Jadi pada bingung sendiri kelihatannya, karena kan bosnya KSAL ya," ujar Megawati sembari tersenyum

"Jadi waktu saya teriak Merdeka itu hanya berapa orang, saya bilang kurang. Lalu saya merdeka lagi, agak banyak. Lalu saya bilang lagi, jangan lupa loh, saya nih pernah jadi panglima tertinggi," imbuhnya disambut tawaan Presiden Jokowi.

Di bagian akhir, barulah pekikan 'Merdeka' Megawati direspon seluruh peserta yang hadir. Presiden RI kelima itu pun sumringah. "Lah mbok gitu Saya bilang, kenapa sih kok ragu, Saya bilang," ucap Megawati.

Diketahui, Megawati Soekarnoputri menghadiri pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono bersama 200 prajurit TNI AL di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin, 20 Juni 2022.

Acara tersebut sekaligus meresmikan kapal korvet TNI AL yang diberinama KRI Bung Karno-369.  

"Bismillahirrahmanirrahim dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, hari ini, Senin, 20 Juni 2022 pukul 13.00 wib, saya namakan Kapal Korvet dengan KRI Bung Karno," kata Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri yang didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat meneken tombol sirine di acara Sarasehan Pembinaan Mental TNI AL dan Shipnaming KRI Bung Karno-369 di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin, 20 Juni 2022. 

Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam sambutannya mengatakan,  kapal Korvet KRI Bung Karno adalah salah satu kapal VVIP khusus kepresidenan yang nantinya akan diawaki prajurit handal TNI Angkatan Laut. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya