Survei: Elektabilitas Erick Thohir Tertinggi untuk Cawapres

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir mendominasi elektabilitas Cawapres 2024 di Jawa Timur sesuai dengan hasil survei Poltracking Indonesia. Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi mengatakan, Erick Thohir punya suara tertinggi pada simulasi 15 nama, dan Erick Thohir ditempel oleh Khofifah Indar Parawansa.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

“Erick dan Khofifah menjadi preferensi yang cukup dominan di Jawa Timur, ini lah potret lapangan di bulan Mei,” kata Arya Budi pada rilis survei melalui daring, Rabu 22 Juni 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/tangkapan layar
Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Pada simulasi 15 nama, Erick Thohir memperoleh elektabilitas sebesar 14,2 persen, disusul Khofifah di tempat kedua 13,7 persen, AHY 7,4 persen, Sandiaga Uno 4,9 persen, Puan Maharani 4,3 persen, dan nama-nama lain di bawah 4 persen.

Arya Budi menyebut, hasil survei bisa menjadi referensi bagi partai politik dalam menentukan Cawapres nantinya. Gambaran dari kekuatan Cawapres di Jatim tersaji dalam survei.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

“Ini jadi penting baik bagi komunitas aktivitas petinggi partai dalam menentukan Cawapres, dua nama ini menjadi refleksi pemilih di Jatim,” jelas Arya.

Lebih lanjut, Arya Budi menyebut Erick Thohir dan Khofifah konsisten bertengger di dua besar peta Cawapres di Jatim. Elektabilitas keduanya selalu di atas 10 persen.

“Pada figur calon wakil presiden, terdapat dua figur kuat calon wakil presiden yang selalu konsisten berada di dua besar elektabilitas dengan angka di atas 10%, yaitu Erick Thohir & Khofifah Indar Parawansa,” kata Arya.

Arya menjelaskan survei tersebut mengambil 1.000 responden secara proporsional di Jatim. Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei di Jawa Timur pada 16-22 Mei 2022 dengan menggunakan metode multistage random sampling. dengan margin of error (MoE) +/- 3.2% pada tingkat kepercayaan 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya