PDIP Terbuka Gabung Koalisi Pemilu 2024

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.
Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – PDIP menyatakan terbuka lebar untuk melakukan kerja sama dengan partai politik lain, dalam menyongsong Pemilu 2024. Penegasan itu disampaikan oleh Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

“Right, soal kerja sama politik. PDIP anggaplah posisi suaranya 20 persen, untuk menang kira-kira suaranya di atas 50 persen, tentu logika elementer itu menyatakan kemungkinan akan terjadi kerja sama, yes," kata Bambang Pacul menjawab pertanyaan wartawan di sela Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung Jakarta Selatan, Rabu, 22 Juni 2022.

Kendati demikian, Ketua Komisi III DPR RI ini enggan berspekulasi dengan partai mana PDIP akan koalisi. Menurut dia, keputusan tersebut berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Kalau soal mendekati partai kan, di sini kan partai pasti bicaranya pada level elite langit kan gitu. Bambang Pacul pasti enggaklah, Bambang Pacul kan pembantu. Tetapi ibu ketum (Megawati) berdialog dengan para pimpinan partai itu hampir pasti banyak. Dan antar pimpinan partai kira-kira ada komunikasi? One hundred persen pasti ada,” jelas Bambang Pacul.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah ini menegaskan, tidak mau memprediksi siapa yang akan diajak bekerja sama dengan PDIP. Menurutnya semua kader menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Megawati.

“Bambang Pacul tidak berani menjawab untuk spekulasi, prediksi, spekulasi tentu tidak pada level saya. Level Bambang Pacul membantu,” katanya.

Sebelumnya peluang kerja sama antara PDIP dengan partai lain disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Ia mengatakan, PDIP tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan Partai Gerindra dan PKB dalam Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Puan di sela-sela acara Rakernas II PDIP, di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, Selasa lalu.