JK Temui SBY Saat AHY Sowan ke Surya Paloh, Pakar: Dobel Strategi

Pertemuan SBY dengan JK di Cikeas, Bogor.
Sumber :
  • Tangkapan layar video

VIVA – Pertemuan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau JK yang menemui Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor jadi perhatian. Momen tersebut ditangkap sebagai rangkaian peristiwa politik menuju Pilpres 2024.

JK Sebut Kasus Korupsi LNG Eks Dirut Pertamina Karen Murni Bisnis, Ada Untung-Rugi

Pakar politik Adi Prayitno menilai ada keterkaitan politik dalam pertemuan JK dengan SBY yang notabene Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. Sementara, di saat bersamaan, putra SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor DPP Partai Nasdem untuk menemui Surya Paloh.

"Saya kira ini bagian dari dobel strategi yang dimainkan Demokrat dan Nasdem. Satu sisi, AHY sebagai ketemu Ketua Nasdem Surya Paloh lalu saat bersamaa JK bertemu SBY," kata Adi kepada VIVA, Kamis malam, 23 Juni 2022.

JK di Sidang Karen Agustiawan: Pemerintah Tak Urusi Teknis, Hanya Kebijakan

Adi menyampaikan figur JK dalam politik selama ini dikaitkan dengan Gubernur DKI Anies Baswedan. Kata dia, JK bisa dibilang sosok penting di balik moncernya Anies.

Nah, Anies merupakan salah satu nama yang digadang-gadang jadi bakal capres. Nama Anies merupakan salah satu kandidat capres yang dijagokan Nasdem. 

JK Bingung Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Bisa Jadi Terdakwa Korupsi

"Kita tahu persis JK ini sosok penting di balik moncernya politik Anies Baswedan selama ini. Makanya banyak pihak, yang menyebut mentor politik Anies Baswedan adalah JK," jelas Adi.

Pertemuan Ketum Nasdem Surya Paloh dengan Ketum Demokrat AHY.

Photo :
  • Twitter @AgusYudhoyono

Baca Juga: JK Temui SBY di Cikeas, Nostalgia Sambil Bahas Masa Depan Bangsa

Pun, dia menganalisa kedatangan JK menemui SBY yang merupakan tokoh sentral Demokrat bisa mempengaruhi portofolio politik 2024. 

"SBY yang kita tahu semua adalah Dewan Syuronya Partai Demokrat, bapaknya AHY. Dan, juga sangat menentukan portfolio ke depan soal politik Pilpres," tutur Adi.

Menurut dia, pertemuan JK dengan SBY jadi sisi penting saat AHY sowan ke Surya Paloh. Apalagi, JK juga sempat hadir dalam Rakernas Nasdem, belum lama ini.

Kemudian, dia menambahkan saat pertemuan AHY dengan Paloh di Nasdem Tower juga tampak akrab dan cair. Dia menekankan antara Nasdem, Demokrat terbuka membangun koalisi untuk Pilpres 2024. "Ada kecocokan dan saling membuka lembaran lama di mana kedua partai ini berada di satu koalisi politik bersama," sebut Adi.

Sebelumya, momen video pertemuan antara JK dengan SBY diunggah oleh Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat, Ossy Dermawan di akun Twitternya. Ossy yang juga Staf Pribadi SBY itu menyampaikan JK berkunjung ke kediaman SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Kamis kemarin sekitar pukul 09.45 WIB.

Dia mengatakan pertemuan dua tokoh itu berlangsung dalam suasana keakraban. Menurutnya, pertemuan itu juga mendiskusikan terkait masa depan bangsa.

"Pertemuan di antara dua sahabat tersebut berlangsung dalam suasana yang penuh keakraban, sambil mengenang kebersamaan masa lalu ketika sedang mengemban amanah rakyat,” tulis Ossy dikutip pada Kamis, 23 Juni 2022.

Dari video yang diunggah Ossy, tampak JK dan SBY berbincang mengenai beberapa hal yang salah satunya kegiatan melukis ayah AHY tersebut. Bahkan SBY sempat memperlihatkan beberapa karya lukisan di galerinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya