PDIP Tanggapi Usulan Surya Paloh Soal Duet Anies-Ganjar

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Djarot Saiful Hidayat, merespons usulan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, soal duet pemersatu bangsa Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo kepada Presiden Joko Widodo. Menurut Djarot, yang mempersatukam bangsa bukanlah orang per orang.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Gubernur DKI Anies dan Gubernur Jateng Ganjar di acara ultah tvOne. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Ridho Permana

Bukan Orang per Orang

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

“Yang mempersatukan bangsa kita itu bukan orang per orang lho. Yang mempersatukan bangsa kita itu ideologi ya. Ideologi Pancasila itulah yang mempersatukan bangsa kita, nilai-nilai dalam ideologi itu lah yang mempersatukan bangsa kita,” kata Djarot usai mengikusi agenda 'Politik Cerdas Berintegritas' Terpadu di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Jakarta, Senin, 27 Juni 2022.

Baca juga: Surya Paloh Yakin dengan 3 Bakal Capres yang Diusung Nasdem

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Pemersatu Bangsa adalah Pancasila

Djarot menambahkan sekarang bangsa ini tidak bergantung pada perorangan. Karena itu, ia meminta pemersatu bangsa tidak dipersempit hanya sebatas figur.

“Persoalannya sekarang ini tidak bisa hanya tergantung kepada orang per orang tapi bagaimana pemahaman orang per orang itu apa dia punya pemahaman ideologi yang kuat. Ukurannya itu. Jadi bukan karena orang, tapi karena Pancasilanya dong, yang bisa mempersatukan Indonesia itu ideologi pancasila,” kata Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP tersebut.

Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali sebelumnya menjelaskan skema duet pemersatu Pilpres 2024 dimunculkan Surya Paloh saat berdiskusi dengan Presiden Jokowi. Ahmad Ali mengungkapkan duet pemersatu yang dimaksud ialah Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Artinya, pikiran Pak Surya bahwa hari ini ada figur yang menonjol, yang kita kira, kalau kita mau objektif menilainya bahwa ada Anies dan ada Ganjar," kata Ali kepada wartawan, Jumat, 24 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya