PDIP Soal Pengganti Menpan-RB: Tunggu 40 Hari Wafatnya Tjahjo

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (tengah).
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

VIVA Politik - Sosok nama yang akan mengisi posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi setelah wafatnya Tjahjo Kumolo masih diperbincangkan.

Hasto Bantah PDIP Loyo soal Hak Angket: Kami Undang Semua Pihak untuk Berani

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara Dipimpin Mahfud MD

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan, Pekerjaan Pengemudi Xpander yang Tabrak Porsche

Saat ini, roda organisasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dipegang oleh Mahfud MD sebagai Plt Menpan-RB.

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan pihaknya mendukung penuh keputusan Presiden Joko Widodo yang menunjuk Mahfud Md untuk melanjutkan kepemimpinan di Kemenpan-RB.

Isu Jokowi dan Gibran Gabung Golkar, Hasto PDIP: Politik Bukan Sekadar Elektoral

"PDIP tidak ingin bahwa setelah wafatnya bapak Tjahjo Kumolo, pemerintahan Kemenpan-RB tidak berjalan. Karen itulah Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Ad Interim agar roda organisasinya berjalan baik," kata Hasto kepada wartawan di kantor Sekretariat PDIP DKI Jakarta, Jumat, 22 Juli 2022.

Baca juga: Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt MenPAN-RB

Waktunya Akan Tiba

Hasto mengatakan nanti akan tiba waktunya dari Presiden Joko Widodo siapa yang akan menggantikan Tjahjo Kumolo. "Itu harapan yang kami sampaikan kepada bapak Presiden, yang sudah disampaikan Bu Mega," katanya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Saat disinggung mengenai kapan pengumuman nama pengganti Tjahjo Kumolo di Kemenpan-RB, Hasto enggan membuka secara gamblang. Namun, ia menyebut momentum pengumuman nama itu akan dilakukan setelah 40 hari wafatnya almarhum.

Keputusan Megawati dan Jokowi

Mengenai nama pengganti, Hasto juga tidak menjelaskan lebih lanjut karena itu semua keputusan dari Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP bersama Presiden Joko Widodo.

"Berbagai pertimbangan dilakukan Ketua Umum dan disampaikan ke Presiden Jokowi, tinggal momentum waktunya itulah yang kami harap setelah paling tidak setelah 40 hari wafatnya Tjahjo," kata Hasto.

Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri di Ruang Tunggu Istana Negara Jakarta

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md sebagai Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penunjukkan tersebut terhitung sejak 16 Juli 2022 sampai dengan diangkatnya Menteri PANRB definitif. Pengangkatan ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. 75/2022 tentang pemberhentian dan penunjukkan pelaksana tugas, wewenang, dan tanggungjawab MenPAN-RB Kabinet Indonesia Maju Periode (KIB) tahun 2019-2024.

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini membenarkan penunjukkan tersebut.

"Benar Pak Mahfud Md ditunjuk sebagai Plt. Menteri PANRB hingga terpilihnya Menteri PANRB definitif," ujar Rini di Jakarta, Jumat, 15 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya