Pengamat: Anies-RK Manfaatkan Citayam Fashion Week untuk 2024

Ridwan Kamil
Sumber :

VIVA Politik – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) sempat mendatangi lokasi kegiatan Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas Jakarta. Citayam Fashion Week jadi viral dan disorot publik

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah menganalisa kedatangan dua kepala daerah itu ke lokasu Citayam Fashion Week bisa jadi untuk mencari popularitas dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pak Anies dan Ridwan Kamil di dalam fashion show di Dukuh Atas itu hanya untuk mencari popularitas capres 2024," kata Trubus saat dikonfirmasi, Senin, 25 Juli 2022.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan berjalan bersama pejabat keuangan Uni Eropa.

Photo :
  • ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI Jakarta

Menurut Trubus, kehadiran keduanya di kawasan tersebut diduga hanya untuk kepentingan politik dan pencitraan semata. Apalagi mengingat kegiatan Citayam Fashion Week  diramaikan anak muda yang bisa jadi pemilih potensial. 

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Keberadaan mereka (Anies dan Ridwan Kamil) di sana untuk mencari popularitas, dukungan elektabilitas dan itu umumnya remaja-remaja, (mereka) pemilih awal atau pemilih pemula," jelasnya.

Sebelumnya, RK bersama sejumlah ojek online atau ojol sempat ikut menjajal catwalk bak model di lokasi Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Sudirman Jakarta. Eks Wali Kota Bandung itu membagikan aksinya dalam bentuk video di akun Instagram pribadinya @Ridwankamil, Rabu, 20 Juli 2022.

RK mengaku diminta mengikuti fenomena viralnya Citayam Fashion Week oleh Anies Baswedan di Sudirman, Jakarta. 

"Diundang Pak Anies untuk meramaikan ruang publik di Jakarta. Ternyata, yang nongkrong enggak hanya anak-anak dari Citayam," ujar RK, dalam unggahannya tersebut.

Pun, Anies juga menjajal area Citayam Fashion Week. Namun, eks Mendikbud itu menjajalnya bersama sejumlah pejabat dari Eropa. Usai rapat, Anies dan empat bule itu berjalan bak model.

"Kami semua tidak sekeren mereka, belum pantas naik catwalk. Lain kali jadi penonton dan pengagum saja," kata Anies dalam akun Instagramnya, @aniesbaswedan.

Citayam Fashion Week jadi fenomena karena diawali aksi anak-anak muda dari Depok, Citayam, Bogor yang nongkrong dengan pakaian-pakaian unik di kawasan Dukuh Atas. Aksi mereka pun viral. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya