Raker di DPR, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik Pamitan

Ketua Komnas HAM
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik berpamitan kepada Komisi III DPR. Momen Taufan pamit itu saat rapat kerja atau raker bersama Komisi III DPR, Kamis, 25 Agustus 2022.

Komnas HAM Laporkan Ratusan Kasus HAM di Papua pada 2023 kepada Menko Polhukam

Mulanya, Taufan menyampaikan dua hal berisi laporan tahunan Komnas HAM dan laporan panitia seleksi calon komisioner Komnas HAM periode 2022-2027.

"Sudah disampaikan kemarin secara resmi melalui surat dan sekarang ingin saya sampaikan secara langsung kepada pimpinan secara simbolik," kata Taufan.

Uji Kelayakan Calon Anggota LPSK 2024-2029 di Komisi III DPR RI, Ini 14 Nama Calonnya

Ketua Komnas HAM

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Setelah menyerahkan dua laporan dari Komnas HAM secara simbolik kepada pimpinan rapat yaitu Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh, Taufan kemudian berpamitan. Dia menekankan dirinya tak mengikuti kembali proses seleksi calon Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027.

Hak Disabilitas, Kematian Petugas hingga Netralitas Aparat dalam Pemilu Disorot Komnas HAM

"Saya kira, sebagai saya pribadi juga saya ingin menyampaikan terima kasih pada seluruh pimpinan dan anggota komisi III, karena saya termasuk yang tidak mencalonkan diri pak," ujarnya.

Taufan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota Komisi III atas kerja sama selama lima tahun terakhir sebagai mitra kerja.

"Jadi, mungkin ini sekaligus pamitan saya kepada bapak ibu semua. Terima kasih atas dukungannya selama ini, lima tahun saya menjadi Ketua Komnas HAM," tuturnya.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

Photo :
  • Dok Komnas HAm

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komnas HAM periode 2022-2027 sudah menetapkan 14 nama yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di DPR RI. 14 calon anggota itu sudah melewati lima tahapan seleksi yaitu tahap administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara serta tahap tes kesehatan.

Untuk Taufan Damanik diketahui tak mencalonkan di periode 2022-2027. Adapun dua calon petahana yang kembali mendaftar adalah Beka Ulung Hapsara dan Amiruddin Al Rahab.

Berikut 14 calon anggota Komnas HAM yang akan ikut fit and proper test di DPR: 

1. Abdul Haris Semendawai 
2. Amiruddin Al Rahab 
3. Antonio Pradjasto
4. Anis Hidayah 
5. Beka Ulung Hapsara 
6. Atnike Nova Sigiro
7. Chrisbiantoro 
8. Hari Kurniawan 
9. Prabianto Mukti Wibowo 
10. Pramono Ubaid Tanthowi 
11. Putu Elvina 
12. Rita Serena Kolibonso 
13. Uli Parulian Sihombing 
14. Saurlin P Siagian 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya