Komisi III DPR RI Doakan Habiburokhman jadi Menkumham, Sekjen Gerindra Bilang Begini

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin 5 Februari 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman disapa dengan sebutan calon Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) saat rapat kerja Komisi III pada Kamis, 7 Maret 2024.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani pun merespons. Muzani menilai, sapaan dan guyonan anggota Komisi III yang menyebut Habiburokhman sebagai calon Menkumham adalah doa. 

"Ya, itu doanya teman-teman Komisi III kepada Habiburokhman ya," kata Muzani kepada wartawan di Kompleks Parlemen , Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Jumat, 8 Maret 2024. 

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Muzani lantas menjelaskan, sampai saat ini pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, belum membicarakan perihal komposisi dan posisi orang-orang yang akan menjabat di kabinet selanjutnya.

Sejauh ini, Prabowo masih disibukkan dengan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Begitu juga dengan Gibran Rakabuming Raka, yang kembali bertugas sebagai Wali Kota Solo. 

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

"Pak Prabowo dan calon wakil presidennya Mas Gibran, belum membicarakan persoalan itu secara detail baik kriteria apalagi nama-nama tentang komposisi dan posisi orang-orang yang akan ditempatkan di kementerian-kementerian," jelasnya. 

Muzani lantas menegaskan, Prabowo dan Gibran belum membicarakan hal-hal terkait kabinet maupun kementerian selanjutnya. Adapun pembicaraan terkait hal tersebut kata Muzani tentu akan melibatkan semua partai pengusung Prabowo-Gibran, Koalisi Indonesia Maju.

"Jadi beliau belum menentukan nama-nama untuk menduduki di posisi tertentu. Oleh karena itu semua yang beredar tentang si a menduduki b itu adalah spekulatif," kata Muzani.

"Pak prabowo sendiri selalu mengatakan bahwa pada waktunya akan disampaikan, tapi untuk menyusun itu tentu saja beliau akan terus berkonsultasi dengan partai koalisi pengusung Prabowo-Gibran," tandasnya.

Habiburokhman Calon Menkumham

Sebelumnya diberitakan, anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Golkar, Supriansa menyebut Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Gerindra sebagai calon Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).

Hal itu dikatakan Supriansa dalam Rapat Kerja (Raker) DPR dengan agenda pembahasan naturalisasi terhadap tiga calon pemain Timnas Sepak Bola Indonesia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Maret 2024. 

"Yang terhormat, Bapak Habiburokhman, insya Allah akan menjadi calon Menteri Hukum dan HAM," kata Supriansa dalam raker tersebut.

Habiburokhman yang mendengar itu pun tampak kaget. Dia bahkan menyebut teh di hadapannya sampai tumpah saat mendengar sapaan dari Supriansa.

Tak hanya itu, Supriansa juga mengatakan bahwa Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham Asep N Mulyana dan Dirjen Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Cahyo Rahadian juga mengharapkan hal serupa.

"Insya Allah didoakan Pak Asep dengan Pak Cahyo, sudah berdoa," jelasnya.

Selain Supriansa, sapaan serupa untuk Habiburokhman juga disampaikan oleh anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Heru Widodo. Dia menyebut, Habiburokhman sebagai calon bos dari Cahyo dan Asep.

"Yang saya hormati, Pak Habiburokhman, pimpinan Komisi III, calon Menteri Hukum dan HAM, calon bosnya Pak Cahyo dan Pak Asep ini," kata Heru. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya