Suharso Ditendang PPP, Rocky Gerung: Ada Tangan Istana Terlibat

Pengamat politik Rocky Gerung
Pengamat politik Rocky Gerung
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik - Pemecatan Suharso Monoarfa dari Ketua Umum Partai Persatuan Pembanguan (PPP) jadi perhatian  pengamat politik Rocky Gerung. Dia menduga pencopotan Suharso karena ada keterlibatan Istana.

Menurut Rocky, pencopotan Suharso juga akan berdampak terhadap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diinisiasi PPP, Golkar, dan PAN. Ia mengibaratkan Suharso sebelum dicopot seperti duri dalam daging.

"Nah, kira-kira begitu lah. Jadi, durinya sudah cabut. Nah, yang lain mungkin dicabut juga nih. Kan itu tetap meski dianggap masalah internal PPP," kata Rocky dalam akun YouTube-nya yang dikutip pada Senin, 12 September 2022.

Dia pun heran dengan pernyataan Jokowi yang merespons tak mau ikut campur polemik Suharso di PPP. Kata dia, alasan Jokowi tak mau ikut campur karena masalah internal itu ditangkapnya malah ikut campur.

"Dan, yang pasti orang anggap, nggak mungkin Pak Jokowi menterinya nggak dia protect. Orang anggap mungkin Pak Jokowi yang menyuruh supaya duri itu dicabut aja. Kan, ada duri-duri lain yang juga kesakitan," tutur Rocky.

Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa

Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, dengan ditendangnya Suharso dari Ketum PPP membuat Airlangga akan berpikir. Dia menganalisa figur di KIB yang tak menerima sepenuhnya Ganjar Pranowo adalah Airlangga.